KORELASI KEPEMIMPINAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI ‎BELAJAR SISWA PADA SMK DARUSSALAM CIPUTAT ‎ KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Abdul Muhyi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i1.p45-57.23308

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi belajar siswa, lemahnya motivasi belajar siswa jika guru yang tidak disenanginya masuk kelas, guru belum mengoptimalkan kepemimpinan dalam pembelajaran, guru belum menggunakan kepemimpinan sesuai tingkat kematangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat korelasi positif dan signifikan antara Kepemimpinan guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Darussalam Ciputat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepemimpinan guru dengan motivasi belajar siswa dimana hitungan statistiknya menunjukan 28,6% sedangkan 71,4% dari faktor lain. Hasil rxy adalah 0,486 sedangkan hasil rt adalah 0,266, ini menunjukan bahwa rxy (0,486) > rt (0,266). Artinya kepemimpinan guru memberikan korelasi positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,6%, selanjutnya motivasi belajar siswa dipengaruhi faktor lain.

Kata Kunci: Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar

References

Andang. 2014. Manajemen dan ‎Kepemimpinan Kepala ‎Sekolah : Konsep, Strategi, ‎dan Inovasi Menuju Sekolah ‎Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz ‎Media.‎

Arifin Zainal. 2011. Penelitian ‎Pendidikan. Bandung:PT ‎Remaja Rosdakarya.‎

Ardha Harya Kusuma. 2013. Pengaruh ‎Kepemimpinan Guru dan ‎Disiplin Belajar terhadap ‎Hasil Belajar Mata Pelajaran ‎Ekonomi Siswa Kelas XI IPS ‎SMA PGRI 1 Pati Tahun ‎Ajaran 2012/2013‎

Asma. 2017. Pengaruh Kepemimpinan ‎Guru dengan Motivasi Belajar ‎Peserta Didik di SMP V ‎Enrekang

Azamul Fadhly Noor Muhammad. 2017. ‎Jurnal Pendidikan MI (Model ‎Kepemimpinan Guru dalam ‎Proses Pembelajaran)‎

Danim Sudarwan. 2010. Kepemimpinan ‎Pendidikan. Bandung:Alfabeta.‎

Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan ‎Saefullah. 2006. Pengantar ‎Manajemen. Edisi Pertama ‎Cetakan Ke-2. Jakarta: ‎Kencana.‎

Hafulyon. 2010. Dasar-Dasar ‎Manajemen. Batusangkar: ‎STAIN Batusangkar Press.‎

Hamalik Oemar. 2014. Kurikulum dan ‎Pembelajaran. Jakarta:Bumi ‎Aksara

IAIN Batusangkar. 2018. Buku Pedoman ‎Penulisan Skripsi IAIN ‎Batusangkar.‎

Jariswandana Ladeni, Yerizon dan ‎Nilawasti Z.A. 2012. Jurnal ‎Pendidikan Matematika ‎‎(Meningkatkan Motivasi ‎Belajar Matematika Siswa ‎Dengan Penerapan Model ‎Pembelajaran Kooperatif Tipe ‎Think Talk Write). ‎

Kartono Kartini. 2006. Pemimpin dan ‎Kepemimpinan. Jakarta: ‎PT.Raja Grafindo Persada.‎

Karwati Euis dan Donni Juni Priansa. ‎‎2014. Manajemen Kelas. ‎Bandung: Alfabeta

Kasmawati. 2017. Jurnal Idaarah ‎‎(Pengaruh Kepemimpinan ‎Guru terhadap Motivasi ‎Belajar Peserta Didik di SMP ‎‎5 Enrekang)‎

Linda RL Hutagalun. 2014. Pengaruh ‎kepemimpinan guru terhadap ‎motivasi belajar siswa kelas V ‎SD Negeri 101777 Saentis

Downloads

Published

2022-08-06