FLOW AKADEMIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Pamulang
  • Nur’Aini Nur’Aini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i2.p116-134.27839

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan yang banyak dialami oleh peserta didik adalah kebosanan dalam proses pembelajaran atau perkuliahan. Flow merupakan suatu keadaan dimana individu megalami peleburan total dalam kegiatan yang diakukannya. Hal tersebut dicapai melalui intensitas dan perhatian terfokus pada kegiatan. Keadaan flow merupakan suatu keadaan yang dapat memunculkan motivasi bagi individu dan komunitas, sehingga individu dapat menikmati aktivitas meski dilakukan dalam kurun waktu yang lama atau bahkan lupa waktu. Flow dapat terjadi atau muncul dalam berbagai akivitas, seperti belajar, bekerja, bermain, maupun beribadah. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan flow akademik dalam perspektif Islam, mengetahui konsep flow dalam Islam, dan strategi mencapai flow akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dari buku-buku, tafsir, kamus, jurnal, artikel dan media social. Kemudian menyalin dan mengumpulkannya berdasarkan tema mengikuti pertanyaan penelitian. Peneliti kemudian meganalisis data dengan mereduksi data yang telah dikumpulkan, kemudian menyajikan data, lalu dilakukan deskripsi data, dan terakhir dilakukan interpretasi data dengan melibatkan konteks dan studi pustaka yang relevan sesuai dengan data yang didapatkan. Temuan penelitian ini yaitu bahwa flow telah lama hadir dalam Islam jauh sebelum konsep flow ditemukan. Landasan flow terdapat pada Q.S. Al-Mu’minun ayat 2. Flow dalam Islam disebut “khusyuâ€. Khusyu’ direalisasikan ketika seseorang menghadap kepada Allah, terutama saat mengerjakan shalat dan berzikir. Kekhusyu’kan merupakan manifestasi tertinggi dari sehatnya hati dan landasan utama tegaknya shalat dan zikir. Adapun flow akademik merupakan manifestasi tertinggi dari suatu kondisi atau keadaan menikmati kegiatan akademik (belajar). Untuk mencapai flow akademik, peserta didik/mahasiswa harus mampu menyeimbangkan kesulitan tugas yang harus dikerjakan dengan skill yang dimiliki. Islam mengajarkan untuk selalu mengingat Allah dalam segala akivitas manusia. Untuk itu, dalam kegiatan akademik (belajar) hendaknya peserta didik/mahasiswa berdoa sebelum memulai akivitas belajar, agar tidak merasa gelisah dan bosan.

Kata Kunci: Flow, Akdemik, Islam

References

Arif, Karolina. (2013). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Flow Akademtk, Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2. No. 1.

Bakker, A. B. (2007). The work-related inventory: Construction and initial validation of the WOLF. Journal of Vocational Behavior, 72, 400-414.

Csikszentmihalyi, M. (1997) Finding Flow: The psychology of engagement with everyday life. New York, NY: Basic Books.

(1996) Creativity: Flow and The Psychology of Discovery and Invention. New York: Harper Collins.

(2008) Flow: The Psychology of Optimal Experience. Harper Collins e-books

Al-Ghazali. (2000). Ihya ‘Ulumuddin. Kairo: Darut Taqwa lit-Turats. Jilid 1.

Purwantini, Lucky (2017). Pengalaman Flow dalam Belajar. Jurnal Ilmu Perilaku. August. Volume 1, No. 1.

Rosiana, Dewi & Nusar Hajarisman. (2021). Hubungan antara Ikhlas dan Flow pada Kegiatan Akademik Mahasiswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 10, Issue.1.

Sarmadi, Sunedi. (2018). Psikologi Positif. Yogyakarta: Tita Surga.

Supangat. (2017). Pelaksanaan Shalat Khusyu’ Ditinjau dari Psikologi Kepribadian. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1.

Yuwanto, L., Siandhika, L., Budiman, A.F., & Prasetyo, T.I (2011), Stres akademik dan flow akademik. Presented at Psychology Village 2 Harmotion: It‟s our nation, it‟s our concern. Universitas Pelita Harapan Jakarta, in Jakarta, April 4.

https://www.republika.co.id/berita/owbp6z313/menggapai-kekhusyu’an.

https://islam.nu.or.id/hikmah/kisah-kekhusyukan-shalat-rasulullah-sahabat-dan-orang-orang-saleh-lainnya-OToBl

Downloads

Published

2023-01-07