ANALISIS METODE ISLAMIC PARENTING PADA ERA DIGITAL (STUDI ANALISIS TERHADAP METODE PARENTING ABDULLAH NASIH ULWAN)
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i2.p149-168.27841Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui dan menganaslis metode islamic parenting Abdullah Nasih Ulwan serta relevansinya terhadap pendidikan anak pada era digital. Metode yang gunakan adalah Kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data primer adalah Al-Qur’an dan terjemahan, disertai sumber keilmuan yang dianggap relevan, baik dari jurnal, text book, maupun hasil penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis. Karena data yang digunakan adalah data deskriptif, maka metode analisisnya menggunakan analisis non statistic. Adapun hasilnya bahwa Abdullah Nasih Ulwan membagi metode dalam islamic parenting menjadi 5, yakni metode keteladanan, metode kebiasaan, metode nasehat, metode memberikan perhatian, dan metode memberikan hukuman. Metode tersebut adalah metode yang perlu orang tua tahu dalam menghadapi era digital, mengingat era digital adalah kemajuan yang juga harus disiasati. Era digital juga hal yang tidak dapat dihindari sehingga orang tua butuh metode dalam melaluinya, terutamanya saat mendidik anak-anaknya. Setelah dianalisis maka penulis berkesimpulan bahwa metode islamic Abdullh Nasih Ulwan masih relevan bila diterapkan pada era digital untuk menghasilkan pendidikan yang baik bagi anak dan orang tua di era digital.
Kata Kunci: Abdullah Nasih Ulwan, Islamic Parenting, Era Digital
References
Abdurrahman, J. (2013). Islamic Parenting (Pendidikan anak Metode Nabi). Solo: AQWAM.
Adhim, F. (1997). Bersikap terhadap Anak (Pengaruh Perilaku Orang Tua terhadap Kenakalan Anak. Yogyakarta : Titian Ilahi Press.
Ali, A. (2000). The Ideal Muslimah the True Islamic Personality of The Muslim Woman as Defined in The Qur’an and sunnah, Terj. Fungky Kusnaedi Timur, “Muslimah Ideal pribadi Islami dalam al-Qur’an dan as-Sunnahâ€, Cet. I, Yogyakarta : Mitra Pustaka.
Amirulloh Syarbini. (2004). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga; Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak Menurut Perspektif Islam. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Andi Prastowo. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
At-Tirmidzi, (TT). al-Jami’us Sahih, Lebanon : Dar al-Kutbi. Juz IV.
Az-Za‘balawi,M. (2007). Tarbiyatul Marahiq bainal Islam wa Ilmin Nafs, Terj. Abdul Hayyie al-Kattani dkk, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa. Depok: Gema Insani.
Bagoes, IM. (2004). Filsafat Penelitian & Metode Penlitian Sosial. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Elizabeth, BH. (1999). Terj. Med.Meitasari Tjandrasa, “Perkembangan Anakâ€, jilid II, Jakarta: Erlangga.
Hamka. (1990). Tafsir al-Azhar Jil.10. Singapura: Pustaka Nasional.
Hasan M.T. (2009). Anak Saleh. Bandung : CIPTA DEA PUSTAKA.
Haya Binti Mubarok al-Barik. (1998). Mausu’ah al-Mar’atul Muslimah, terj. Amir Hamzah Fachrudin, “Ensiklopedi Wanita Muslimahâ€, Cet. IV. Jakarta: Darul Falah.
Homby, A S. (2010). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. New York: Oxford University Press
Hornby , AS. (2010). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. New York: Oxford University Press.
https://gln.kemdikbud.go.id. (2019, 4 Maret). Mendidik Anak di Era Digital. Diakses pada 10 Mei 2022, dari https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/3.-SPOT_Mendidik-Anak-di-Era-Digital-REV.pdf
https://kominfo.go.id. (2014, 18 Februari). 98 Persen Anak dan Remaja Tahu Internet. Diakses Pada 28 November 2021. Dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/3836/98-persen-anak-dan-remaja-tahu-internet/0/berita_satker.
https://republika.co.id. (2015, 28 April). Ancaman Moralitas di Era Digital. Diakses pada 28 November 2021. Dari https://www.republika.co.id/berita/nni60714/ancaman-moralitas-di-era-digital.
https://tekno.kompas.com. (2021, 23 Februari). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Diakses pada 28 November 2021. Dari https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
https://www.mungilmu.com. (2020, 1 Juni). Tantangan Mendidik Anak di Era Digital. Diakses pada 28 November 2021. Dari https://www.mungilmu.com/post/tantangan-mendidik-anak-di-era-digital.
Imam Muslim, (TT). Sahih Muslim. Lebanon : Dar al-Kutbi al-Ilmiah. juz IV
John M. Echols dan Hassan Shadili. (2005). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kartono, K. (1997). Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradya Pramita.
Kendra Cherry, Your Character Countsâ€. Onlain: http://www.charactercenter.com/Your Character Counts.pdf. diakses 10 Mei 2022
Kesuma, D, at. Al. (2012). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Cet ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khofifah, Z, (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab (Studi Literasi Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-19), Fikroh : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan, 13 (2), 133-157
Moleong, LJ. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Offset Rosda Karya.
Muhammad Quthb, (TT). Terj. Salman Harun “Sistem Pendidikan Islamâ€. Bandung : Ma-arif.
Muhammad. (2015). As-Siroh An-Nabawiyah Fi Sual wa Jawab. Riyadh : Daar Al-Andalus.
Na‘imah, K. (2009). Coparenting pada Keluarga Muslim. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi 11(1). 88- 100.
Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Oktavia, L. 2020. Metode Pendidikan Anak dalam Keluarga : Sebuah Perspektif al-Quran Surat Luqman, AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 148-166
Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta : Alhikmah Proceeding. Vol, 1. 493-502.
Rahmat, ST. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143.
Shadily, JM. Echols dan Hassan, (2005), Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media.
Sutrisno Hadi. (1997). Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi Offfset.
Suwaid, MN. (2010), Prophetic parenting : cara Nabi mendidik anak. Yogyakarta : Pro-U Media,
Tafsir,A. (2010). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Tambak, S. (2014). 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Taufiqi, HM. (2016). Religius Parenting; Hypnoteaching and Hypnotherapy for Brilian Kids. Malang : CV Media Sutra Atiga.
Uhbiyati, N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ulwan, AN. ( 2018). Tarbiyatul Aulat Fil Islam, Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj. Arif Rahman Hakim. Cet. 10, Solo: Insan Kamil.
Ulwan, AN. (1992). Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam Cetakan ke-11 Jiid 2. Cairo: Darussalam.
j. Khalilullah Ahmas Masjkur hakim, Pendidikan Anak Menurut Islam; Kaidah-kaidah Dasar. Bandung; Remaja Rosda karya.
Zuhdi, D. (2010). Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara