GERAKAN MODERNISME DALAM ISLAM:KONSEP, OBJEK DAN METODE AKTUALISASINYA

Authors

  • Toto Edidarmo Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sopian Hadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v4i2.p98-115.27862

Abstract

Gerakan modernisme dalam Islam, khususnya pendidikan, tidak terlepas dari dua faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya adalah ekspedisi Napoleon Bonaparte dari Prancis ke Mesir yang kemudian menggugah kesadaran bangsa Mesir untuk bangkit dari keterpurukan dan keterbelakangan dari Barat. Faktor internalnya berupa ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi Saw. yang menyeru umat Islam untuk menggunakan akal dan pikiran demi mencapai kemajuan peradaban melalui pembaruan pemikiran, khususnya bidang pendidikan dan ekonomi. Dalam aktualisasi modernisme, para pemikir Islam menggunakan tiga metode. Pertama, metode komparatif, yaitu membandingkan antara keadaan masyarakat umat Islam dengan masyarakat yang lebih maju. Kedua, metode analitis-kritis, yaitu menganalisis dan mendiagnosis faktor-faktor yang menyebabkan keterbelakangan itu. Ketiga, metode rekonstruksi, yaitu mengajukan pemikiran, ide, dan gagasan untuk mencari solusi atas keterbelakangan Islam dan bagaimana strategi untuk memajukan umat Islam.

Kata Kunci : modernisme, intelektualisme, pembaruan, gerakan Islam.

References

Abdul Rahman, Sholeh. (2005) Pendidikan Agama Dan Pengembangan Untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,.

Abdullah, A. (2006).Islamic Studies Di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif, Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Azmar, Saifuddin. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media,

Gaffar, Afan. (1996). “Modernitas Dan Islam: Dua Kutub Yang Bertentangan?†In Al-Qur’an Dan Tantangan Modernitas. Yogyakarta: Sipress,

Harahap, S. Islam dan Modernitas: Dari Teori Modernisasi Hingga Penegakan Kesalehan Modern. Cetakan Pertama. Prenadamedia Group, Jakarta., 2015. http://repository.uinsu.ac.id/617/.

Has, A. W. “Ijtihad Sebagai Alat Pemecahan Masalah Umat Islam.†IAIN Tulungagung Research Collections 8, no 1 (2013): 24 Halaman. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.1.89-112.

Jalaluddin. (2013). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rajawali Pers,

Luiten, Jan. (2009). The Long Road To The Industrial Revolution, The European Economy In A Global Perspective. Leiden: Brill,

Madjid, A. “Ijtihad Dan Relevansinya Dalam Pembaharuan Pemikiran Hukum Islam: Studi Atas Pemikiran Yusuf Al-Qardawi.†Jurnal Penelitian Agama, n.d.

Madjid, N. Islam, Kemodernan, Dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan, 2008. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=6ReSfWGz4OsC&oi=fnd&pg=PR5&dq=islam+kemodernan+dan+keindonesiaan&ots=tYnUSAx3M7&sig=USW6i_kqBjpq9vlXXAeh0YnKEcw.

———. Khazanah Intelektual Islam. Cetakan ke 2. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YlSNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=khazanah+intelektual+islam&ots=-kksO4Lrxd&sig=BPOLRwK1DABKtJI-OfojOVbv8Ro.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia, 2004.

Nasution, Harun. (1985). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I,. Jakarta: UI Press,

———. (1995). Islam Rasional, Gagasan Dan Pemikiran. Bandung: Penerbit Mizan,

———. (2014). Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran Dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang,

Putro, Suadi. (1998). Mohammed Arkoun Tentang Islam Dan Modernitas. Jakarta: Paramadina,

Rusli, R. (2013). Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam. Jakarta: Rajawali Pers,

Sanaky, H. A. H. (2015). Pembaruan Pendidikan Islam, Paradigma, Tipologi, Dan Pemetaan Menuju Masyarakat Madani Indonesia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Kawkaba,

Subhan, Arief. (2012). Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Cet. I. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Downloads

Published

2023-01-07