Pengembangan Theory Of Mind Melalui Bermain Dalam Membangun Karakter Anak Usia Prasekolah

Authors

  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v1i1.p14-29.2906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam bagaimana Pengembangan Theory of Mind pada anak bisa dilakukan melalui pretend play, (2) karakter apa saja yang memungkinkan berkembang dengan pretend play. Penelitian ini menggunakan penelitian ke-pustakaan (library research) karena sumber datanya adalah teks dari berbagai literatur yang tersedia seperti buku, serta jurnal yang terkait dengan pendidikan karakter khususnya untuk anak usia prasekolah. Karena penelitian ini fokusnya adalah pendidikan karakter anak usia prasekolah melalui permainan, maka obyek utamanya adalah permainan anak usia prasekolah. Oleh sebab itu, metode yang digunakan adalah metode diskriptif. Hasil dari penelitian adalah berkembangnya kemampuan anak dalam memahami status mental diri dan mental orang lain dengan melalui pretend play. Dengan Theory of Mind  seorang anak dapat memprediksi prilaku, menerangkan prilaku, dan memanipulasi prilakuKarakter yang memungkinkan berkembang melalui pretend play ini adalah toleransi, empati, kreatif, percaya diri, dan kecerdasan emosi.

Kata Kunci: Mind, Bermain, Karakter Anak

References

Abudin Nata. (2013). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Andrias, H. (2005). Menjadi Manusia Pembelajar, Cet. 7, PT Kompas Media Nusantara Jakarta

Doni, K A. (2010) Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik anak Zaman Global, Cet. 2 Kompas Gramedia Jakarta.

Dalimunthe, Riha F. (2010). Pendidikan Karakter Bangsa, Bandung, Al Ma’arif

Handayani M.M dkk. (2008) Psikologi Keluarga, Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Latifah, M. (2008). Peranan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak, Jakarta Gunung Mulia

Downloads

Published

2019-07-30