SEJARAH DAN DINAMIKA PEMBAHARUAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA: SURAU DAN PESANTREN

Authors

  • Nurul Huda Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nana Sepriyanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v5i1.p20-33.36579

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana sejarah dan dinamika pembaharuan lembaga pendidikan islam di Nusantara: Surau, Pesantren dan Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian pustaka), metode ini mempunyai pengertian sebagai pedoman dalam mengumpulkan berbagai informasi serta data yang dibantu oleh bermacam-macam sumber mergenai topik yang akan dibahas. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa surau bagi masyarakat Minangkabau memiliki multifungsi, tidak hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul, rapat, tempat tidur tetapi juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan islam. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di pulau Jawa dan sampai sekarang tetap survive.

 

Kata Kunci : Sejarah Pendidikan Islam, Surau, Pesantren

References

Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Ciputat: Logos. 1999

Azra, Azyumardi, Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi, Ciputat: Logos Wacana Ilmu 2003

Daulay, Haidar Putra, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana. 2009

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1999

Madjid, Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina. 1997

Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos. 1999

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.

Nizar, Samsul, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam. Ciputat: Quantum Teaching. 2005

Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana. 2007

Prasodjo, Sudjoko, Profil Pesantren, dalam Abuddin Nata (Editor), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo. 2001

Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011

Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004

Suryanegara, Ahmad Mansyur, Menemukan Sejarah Wacana Pergerakan Islam di Indonesia, Bandung: Mizan. 1998

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2004

Jurnal

Anam, Saeful, Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Pesantren, Surau dan Meunasah di Indonesia, Journal of Applied Lingistics and Islamic Education, Vol. 01, No. 01. 2017

Azra, Azyumardi, Heritage Of Nusantara, International Journal Of Religious Literature and Heritage, Vol. 4 No. 1. 2015

Khairuddin, Studi Klasik Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara (Surau, Meunasah dan Pesantren), Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1. 2019

Mukhlis, Abdul, Sejarah Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Nusantar (Telaah tentang Kelembagaan Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah), Jurnal Al-Iman, Vol. 1, No. 1. 2017

Supani, Pemikiran Alternatif Kependidikan: Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia, Jurnal Insania, Vol. 14, No. 3. 2009

Published

2023-12-13