SEJARAH DAN DINAMIKA PEMBAHARUAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA: SURAU DAN PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v5i1.p20-33.36579Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana sejarah dan dinamika pembaharuan lembaga pendidikan islam di Nusantara: Surau, Pesantren dan Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian pustaka), metode ini mempunyai pengertian sebagai pedoman dalam mengumpulkan berbagai informasi serta data yang dibantu oleh bermacam-macam sumber mergenai topik yang akan dibahas. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa surau bagi masyarakat Minangkabau memiliki multifungsi, tidak hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul, rapat, tempat tidur tetapi juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan islam. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di pulau Jawa dan sampai sekarang tetap survive.
Kata Kunci : Sejarah Pendidikan Islam, Surau, Pesantren
References
Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 2011
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Ciputat: Logos. 1999
Azra, Azyumardi, Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi, Ciputat: Logos Wacana Ilmu 2003
Daulay, Haidar Putra, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana. 2009
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1999
Madjid, Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina. 1997
Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos. 1999
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.
Nizar, Samsul, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam. Ciputat: Quantum Teaching. 2005
Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana. 2007
Prasodjo, Sudjoko, Profil Pesantren, dalam Abuddin Nata (Editor), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo. 2001
Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011
Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004
Suryanegara, Ahmad Mansyur, Menemukan Sejarah Wacana Pergerakan Islam di Indonesia, Bandung: Mizan. 1998
Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2004
Jurnal
Anam, Saeful, Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Pesantren, Surau dan Meunasah di Indonesia, Journal of Applied Lingistics and Islamic Education, Vol. 01, No. 01. 2017
Azra, Azyumardi, Heritage Of Nusantara, International Journal Of Religious Literature and Heritage, Vol. 4 No. 1. 2015
Khairuddin, Studi Klasik Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara (Surau, Meunasah dan Pesantren), Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1. 2019
Mukhlis, Abdul, Sejarah Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Nusantar (Telaah tentang Kelembagaan Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah), Jurnal Al-Iman, Vol. 1, No. 1. 2017
Supani, Pemikiran Alternatif Kependidikan: Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia, Jurnal Insania, Vol. 14, No. 3. 2009