MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta
  • Lukmanul Hakim Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v5i1.p58-75.36582

Abstract

Marketing of educational services has become a hot issue and a challenge for educational institution managers, due to increasingly competitive competition between educational institutions. This condition encourages educational institutions to make maximum efforts in marketing educational services. This study tries to examine the concept of marketing educational services from the perspective of the Koran, so that it is hoped that it can provide Qur'anic values in the practice of marketing educational services.

Referring to the concept of relational marketing, this study explores the term da'wah as a marketing term in the Qur'an. Marketing management of educational services from the perspective of the Koran is described in three parts. First, the reformulation of the marketing management concept of educational services using the service marketing paradigm from the Al-Qur'an perspective. Second, the marketing of educational services uses the bil wisdom, mauidhah hasanah, and al jidal billati hiya ahsan methods. Third, service marketing orientation and model, implemented in a holistic spiritual based on religious values.

 

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Jasa Pendidikan, Relational Marketing  

References

A. W. Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Abdul Basit, Filsafat Dakwah, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Abdul Djalal HA, Urgensi Tafsir Maudhu’i pada masa kini, Jakarta: Bulan Bintang, 1991, hal. 84-85.

Abdul Rasul, "Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk", dalam Jurnal Bisnis & Kewirausahaan 6.1 (2017).

Abu Bakar Jabir al-Jazairi, Aisar at-Tafaasir, Madinah Al-Munawwarah: Al-Maktabah Al-Ulum Wal Hikam, 2003, Jilid 3, Cet. Ke-5.

Adiwarman Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010, hal. 31-33.

Adri Efferi, "Dinamika Persaingan Antar Lembaga Pendidikan", dalam jurnal Quality is an journal of empirical research in Islamic education published by the Management Islamic Education of Graduate Program in IAIN Kudus Indonesia, Vol 2, No 1 Tahun 2014.

Ahmad Musthafa Al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1993, hal. 429.

Ahmad, "Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Konsep", dalam https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-pemasaran/ diakses pada 14 Juni 2021.

Albertus Adit, "Kebijakan Kampus Merdeka Permudah PTN Berstatus Berbadan Hukum", https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/26/11050011/kebijakan-kampus-merd eka-permudah-ptn-berstatus-berbadan-hukum?page=all. Diakses pada 3 juni 2020.

Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Shahih Muslim, Riyad: Daar Thayibah Lin Nasyr Wa At Tauzi', 1426. Jilid 2, hal. 770.

Al-Mahalli dan Abi Bakr Al-Suyuthi, Tafsir Al-Qur’an al-Adzim, Mesir: Maktabah al-Mishriyyah, 1987.

Attabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdor, Kamus Kontemporer Arab Indonesia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 2003, Cet-8.

Buchari Alma dan Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta, 2009.

Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2018.

Buchari Alma, Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2005.

David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan), Jakarta: Departemen Agama RI, 2009, Cet. Ke-3.

Dessy Ambarsari, "Strategi Pemasaran Untuk Perguruan Tinggi Di Indonesia", dalam EKOMAKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akutansi, Volume 6 Nomor 1 Maret 2017.

Grafik Jumlah Perguruan Tinggi, “Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggiâ€, https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/ homegraphpt. Diakses pada 1 Juni 2020.

Haji Abdul Karim Amrullah, Tafsir Al-Azhar: Jilid 9, Jakarta: Gema Insani, 2015, hal. 25.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka, 2008, hal. 170.

Hermawan Kartajaya, Hermawan Kartajaya on Service, Bandung: Mizan, 2007.

Hermawan Kartajaya, New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Imam Faizin, "Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah" dalam Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017 Diakses pada 14 Juni 2021.

Imam Jalaludin Al-Mahalli dan Imam Jalaludin As-Suyuti, al-Tafsir al-Munir li Ma’alim al-Tanzil, Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi, Jilid I.

Imam Turmudzi, "Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang)", dalam Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol. 2 No. 2 2017.

J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya..., hal.108.

Johanna Lockhart, How to Market Your School: A Guide to Marketing, Communication, and Public Relations for School Administrators, Maryland: Rowman & Littlefield Education, 2011.

Junaidi, “Urgensitas Ilmu Menurut Konsep Islamâ€, dalam jurnal At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, Vol 5 No 2, 2018, hal. 51.

Leonard L. Berry dan A. Parasuraman, Marketing Services: Competing Through Quality, New York: The Free Press, 1991.

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002, Juz 13.

M. Suyanto, Muhammad Marketing Strategy, Yogyakarta: Andi Offset, 2018.

Miftachul Ulum, “Konsep Pemasaran Lembaga Pendidikan Dalam Pandangan Syariahâ€, dalam Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 5 Nomor 1 Juni 2018.

Morris B. Holbrook, “More on Content Analysis in Consumer Researchâ€, dalam Journal of Consumer Research, Vol. 4 No. 3 1977.

Muhammad Fu‘ad Abd. Al-Baqiy, al-Mu’jam al-Fahrasy li al-Faadh al-Qur‟an al-Karim, Beirut: Dar al-Fikr, 1401 H/1981 M.

Muhammad Nasib ar-Rifa’i, Taisiru al-Aliyyul Qadir Li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, Jilid II, Depok: Gema Insani, 2009, Jilid II, Cet-IV.

Muhammad Yunus, Kamus Arab Indonesia, Bandung: Citra Harta Prima, 2011, Cet I.

Nilam Sari, "Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan dalam Perspektif Islam", dalam Media Syari'ah: Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial, Vol 14, No 2 (2012).

Nurul Huda, et. al., Pemasaran Syariah Teori & Aplikasi, Depok: Kencana, 2017, hal. 65.

Perdagangan Jasa di WTO, “Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesiaâ€, http://ditjenppi.kemendag.go.id/index.php/perdagangan-jasa/perundingan-jasa/multilateral, Diakses pada 1 Juni 2020.

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2008.

Philip Kotler, et. al., Rethinking marketing: Sustainable Marketing Enterprise di Asia, Jakarta: Prenhallindo, 2003.

Poedjawijatna, Tahu dan Pengetahuan, Jakarta, Rineka Cipta, 2004, hal 62.

Samdysara Saragih, "MK Pertahankan Jasa Pendidikan Sebagai Komoditas Dagang", dalam https://kabar24.bisnis.com/read/20191128/16/1175345/mk-pertahankan-jasa-pendidikan-sebagai-komoditas-dagang Diakses pada 2 Juni 2020.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Strategi Humas Dan Marketing Pendidikan Dasar Pascapandemi Covid-19 Di Indonesia.†Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 10, no. 1 (2022): 103–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.289.

———. “Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.†Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 6, no. 2 (2017): 1–10. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/45.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Riwayati Wahyuningsih. “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI INSTITUT PTIQ JAKARTA.†Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 11, no. 1 (2022): 15–25. https://doi.org/https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1.269.

Syakir Jamaluddin, Kuliah Fiqh Ibadah, Yogyakarta: LPPI UMY & UMY Press, 2019, Cet-VI, hal. 2.

The Harvard Gazette, “Professor Theodore Levitt, legendary marketing scholar and former Harvard Business Review editor, dead at 81â€, dalam https://news.harvard.edu/gazette/story/2006/07/professor-theodore-levitt-legendary-marketing-scholar-and-former-harvard-business-review-editor-dead-at-81/ Diakses pada 12 Juni 2022.

The Liang Gie, Pengantar Filsafat Ilmu Edisi Kedua,Yogyakarta, Liberty, 1991, hal 86.

Veithzal Rivai Zainal, et.al., Islamic Marketing Management, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

W.J.S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, 2003, Cet-I, hal. 258.

Wikipedia, "Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum", https://id.wikipedia .org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum. Diakses pada 2 juni 2020.

Zainuddin, "Tafsir surat al-Mujadilah ayat 12-13 tentang Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Teoritis dan Praktis)", dalam Jurnal Qolamuna, Volume 5 Nomor 2 Februari 2020, hal. 190.

Published

2023-12-13