PENANAMAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Authors

  • Muhamad Hamzah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v5i1.p91-97.36585

Abstract

Korupsi merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi suatu bangsa, dan saat ini korupsi sudah menjadi budaya buruk bangsa ini. Disisi lain, korupsi juga telah merambah ke wilayah lembaga pendidikan. Saat ini, kementerian pendidikan dan kebudayaan bersama dengan komisi pemberantasan korupsi telah memulai untuk memberantas korupsi melalui dunia pendidikan dengan mengintegrasikan kurikulum pendidikan antikorupsi kedalam kurikulum pelajaran baik dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang menanamkan nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI, bagaimana penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang, apa saja implikasi penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang menanamkan nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI, untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang, untuk mngetahui apa saja implikasi penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang.

Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Kemudian diuji validitasnya menggunakan teknik triangulasi, dalam hal ini triangulasi sumber dan triangulasi dengan metode.

Hasil penelitian ini menunjukkan mengapa di SMP Negeri 3 Randudongkal menanamkan nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI sebagai berikut: menjadikan siswa generasi antikorupsi, membangun sikap kejujuran, sebagai program pengembangan kurikulum. Penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal mengandung beberapa nilai seperti nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai kesederhanaan, nilai keberanian, dan, nilai keadilan. Dan beberapa implikasi penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Randudongkal adalah meningkatkan ketakwaan dan tanggung jawab, peningkatan karakter kedisiplinan dan taat aturan, sikap percaya diri, dan bersikap jujur.

Kata Kunci : Nilai-Nilai Antikorupsi dan PAI

References

Achmad, Nur. 2008. “Pencegahan Korupsi dalam Perspektif Hadits: Studi Hadits dalam Kutub al Sittah†Tesis Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Atiyah Al Abrasyi. 1961. al Tarbiyah fi al Islam. Kahirah: al Majlis al- A’la lil Syun al-Islamiyah

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Direktorat Madrasah. 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Panduan Penyelenggara Pendidikan Antikorupsi di Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI

Depdiknas. 2009. Pembinaan Pendidikan Anti Korupsi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional RI. 2006. Panduan Penyusunan Silabus. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Hanik, Sayyidati Umi. 2013.“Pendidikan Antikorupsi dalam Perspektif Pendidikan Islam (Integrasi Nilai Antikorupsi KPK dalam Kurikulum PAI)â€. Tesis Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hamzah, Andi. 2005. Kamus Hukum (selanjutnya disebut Andi Hamzah III). .Jakarta: Ghalia Indonesia

Kusuma, Kusuma et al. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Klitgaard, Robert. 2001. Membasmi Korupsi, alih bahasa Hermoyo. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Kementerian Agama RI,. 2013. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Anti Korupsi Di Madrasah. Jakarta : Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Madrasah

KPK, Tentang Statistik tindak Pidana Korupsi berdasarkan tahun, HYPERLINK "http://acch.kpk.go.id/statistik-penanganan-tindak-pidana-korupsi-berdasarkan-tahun" http://acch.kpk.go.id/statistik-penanganan-tindak-pidana-korupsi-berdasarkan-tahun .

Muhaimin, et al. 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam. Bandung : Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Adi Mahasatya

Rahmawati, Dewi Rahmawati, Penanaman Kejujuran Anak Melalui Kantin Kejujuran, Jurnal Pendidikan Vol VII No 03. Semarang: UNNES

Rosikah, Chatrina Darul dan Dessy Maliani Listianingsih. 2016. Pendidikan Antikorupsi kajian antikorupsi teori dan praktik. Jakarta: Sinar Grafika

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabet

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi

Published

2023-12-13