MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TINGGI ISLAM SWASTA (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)

Authors

  • Rahmadi Agus Setiawan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Abstract

Perguruan tinggi swasta di Indonesia secara kuantitas sangatlah banyak dan bahkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun begitu suburnya PTS di Indonesia, seiring dengan waktu beberapa PTS mulai berguguran atau harus melakukan merger dengan PTS lain agar tetap eksis. Hal ini karena di era globalisasi ini perguruan tinggi dituntut untuk kompetitif dan bermutu agar dapat hidup dengan baik dan sehat. Salah kunci dari keberlangsungan perguruan tinggi agar terus eksis dan layak adalah penerapan manajemen mutu.

UII sebagai perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia, bahkan lebih tua dari beberapa PTN, mempunyai perjalanan yang cukup panjang bagaimana mengelola manajamen mutu, sehingga pada tahun 2009 berhasil meraih penghargaan penjaminan mutu internal terbaik se-Indonesia. Hingga saat ini, menurut beberapa survey, UII masuk dalam daftar universitas terbaik baik secara nasional maupun internasional. UII sebagai perguruan tinggi Islam juga menarik untuk diteliti karena menanamkan nilai-nilai keislaman dan diintergrasikan dalam pengelolalaan manajemen pendidikan di UII.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada fenomenologi, bertujuan untuk merinci keadaan atau peristiwa yang terjadi. Upaya dilakukan untuk merangkum data yang terkumpul melalui analisis deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini memungkinkan penggalian data lapangan secara menyeluruh, mencakup elemen-elemen kompleks yang terjadi di UII dalam konteks pelaksanaan manajemen mutu program pendidikan. Penelitian kualitatif ini berusaha memahami mutu hasil pendidikan di UII dengan menyelidiki berbagai informasi dari berbagai sumber, termasuk dokumen, sumber di website resmi UII, dan wawancara.

Hasil dari penelitian ini adalah manajemen yang dilakukan di UII menggunakan Total Quality Management (TQM) dimana setiap setiap elemen di UII mempunyai kesadaran dan komitmen untuk menjaqa mutu di UII. Pelaksanaan manajemen mutu, terdiri dari input, proses, dan output, dan dilaksankan oleh suatu badan yang bernama Badan Penjaminan Mutu (BPM). Dalam penjaminan mutunya UII berpegang pada visi “rahmatan lil ‘alamin” yang berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman.

Downloads

Published

2023-12-20