Pembentukan Budaya Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor

Authors

  • Ahmad Rifqi Hasani Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v1i2.p1-12.9287

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran yang rinci dan jelas tentang pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor, dan juga bertujuan untuk mengetahui penerapan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah yang menjadi pembiasaan serta untuk memahami kendala dan solusi pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif – fenomonologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian.

Hasil dari penelitian ini dipaparkan dan diberi kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong ada sejak berdirinya sekolah tersebut. Bahkan, ciri khas dari SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor adalah mewujudkan tujuan utamanya, yaitu membentengi nilai-nilai Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah, mengawal budaya-budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di kalangan masyarakat Nahdliyyin dan membentengi siswa dari banyaknya paham-paham atau aliran-aliran yang muncul di kalangan masyarakat saat ini.

Kata-kata kunci:  Pembentukan Budaya, Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah, SD Plus Daarul Fudlola

Author Biography

Ahmad Rifqi Hasani, Institut PTIQ Jakarta

Mahasiswa MPI Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

References

DAFTAR PUSTAKA

A.D. Marimba. (2001) Pengantar Filsafat Islam, Bandung: Al-Maarif, hal.68

Abdul Muchith Muzadi. (2009) Mengenal Nahdlatul Ulama, Surabaya: Khalista

Abu Abdullah Muhammad Al-Hakim. (t.th) Al-Mustadrak ‘ala Al-Sahihain, Juz 1. Beirut: Dar al-Fikr

Achmad Muhibbin Zuhri. (2010). Pemikiran K.H M. Hasyim Asy’ari Tentang Ahl al-Sunnah Wa Al-Jama’ah, Surabaya: Khalista

Agus Zaenul Fitri. (2012) Pendidikan Karakter berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Malang:Ar-Ruzz Media, 2012

Ahmad Farid. (2011) Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah wal Jama’ah, Surabaya: Pustaka eLBA

Ali Khaidar. (1995) Nahdlatul Ulama dan Islam Indonesia; Pendekatan Fiqih dalam Politik, Jakarta: Gramedia

Daarul Fudlola. (2017) “Sekilas Tentang Yayasan Daarul Fudlolaâ€, dalam http://daarulfudlola.com/profil-12-sekilas-tentang-yayasan-daarul-fudlola.htm.

Hasyim Asy’ari. (t.th) Zidayat Ta’liqat, Jombang: Maktabah At-Turath Al-Islamy

J.P. Kotter & J.L.Heskett. (1992) Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja. Terjemahan Oleh Benyamin Molan, Jakarta: Prenhallindo.

Khofifah Indar Parawanza. (2009) Aswaja, Jakarta: Himpunan Da’iyah dan Majelis Ta’lim Muslimat NU (HIDMAT)

Khozin. (2013) Khazanah Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosda Karya.

Koentjaraningrat. (2002) Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Masyudi Muchtar. (2007) dkk., Aswaja An-Nahdliyah, Surabaya: Khalista

Muhaimin, et.al. (2009) Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Muhaimin. (2006) Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta:Rajawali Pers

Muhammad Mahrus. (2012) Ruang Lingkup Aswaja. http://assawadul adzom.blogspot.com /2013/03/ruang-lingkup-aswaja_9067.html.

Muhyiddin Abdusshomad. (2009) Hujjah NU; Aqidah-Amaliyah-Tradisi, Surabaya: Khalista

Muhyidin Abdusshomad. (2009) Hujjah NU; Aqidah-Amaliyah-Tradisi, Surabaya : Khalista

Suharsimi Arikunto. (1993) Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ulil Amri Syafri. (2012) Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Rajawali Press

Downloads

Published

2021-01-27