Pengaruh Cara Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI

Authors

  • Mafiyah Mafiyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v1i2.p13-30.9292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan adanya pengaruh positif Cara Belajar di Sekolah   terhadap Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  siswa kelas VIII SMP PGRI 35  Serpong pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini melalui pendekatan metode penelitian kuantitatif, yang juga termasuk penelitian survey. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitis (analytical survey).

Hasil Uji Hipotesis melalui uji prasyarat analisis yaitu  (1)Uji Korelasi nilai Ry sebesar -0,123 dan nilai  P sebesar 0,078 (Sig. 1- tailed), setelah dibandingkan dengan α = 5% ternyata nilai P >  α = 5%  maka tolak H0bahwa terdapat pengaruh positif yang  sangat rendah dan tidak signifikan serta tidak searah pada Cara Belajar di Sekolah  terhadap Hasil Belajar Pelajaran PAI. (2) Uji Koefisien Determinasi (R2) nilai R2 atau dikatakan juga nilai koefisien determinasi sebesar 0,015. Bahwa  Kontribusi/sumbangan Cara Belajar di Sekolah  terhadap peningkatan Hasil Belajar Pelajaran PAI adalah  sebesar 1,5 %, sedangkan  sisanya 98,5 %  karena faktor lainnya (yang tidak diteliti). (3) Uji Koefisien Korelasi Anova atau Uji F  nilai P sebesar 0,155 untuk sig. 2 tailed yang berarti nilai P akan menjadi 0,078  untuk sig. 1 tailed. Bila dibandingkan dengan α = 5%, ternyata nilai  P  >  α = 5% maka  tolak H0. bahwa terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan pada Cara Belajar di Sekolah  terhadap Hasil Belajar Pelajaran PAI.  (4) Uji Persamaan Regresi nilai β0 sebesar 215,191 dan β1 sebesar -0,231 maka persamaan regresinya sebagai berikut  á»· = 215,191  - 0,231 .  X. Hal ini berarti kenaikan satu point pada Cara Belajar di Sekolah  akan menurunkan Hasil Belajar Pelajaran PAI  sebesar -0,231 point. Dengan nilai konstanta sebesar 215,191.

Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan dan sangat lemah serta tidak searah atau dapat dikatakan bila Cara Belajar di Sekolah  tinggi maka belum tentu Hasil Belajar Pelajaran PAI tinggi tapi bisa juga  rendah, artinya pengaruhnya tidak searah.

Author Biography

Mafiyah Mafiyah, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Fakultas Ekonomi

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriono. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Al-ghozali, Syeikh Muhammad. (1997). Berdialog Dengan Al-Qur’an Memahami Pesan Kitab Suci Dalam Kehidupan Masa Kini. di terjemahkan oleh Masykur Hakim dan Ubaidillah, Bandung: Mizan.

Ali, Masran. dan Sri Nurhayati. (2006). Pendidikan Agama Islam Untuk SD Kelas II. Bandung: Inti Prima Aksara.

Ali, Muhammad. (tt). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta:Pustaka Amani.

Arikunto, Suharsimi. (1991). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

------- Prosedur Penelitian. (1989). Jakarta: Bulan Bintang.

As’adiyah, (2008). Kemampuan MembacaAl-Qur’an Siswa-Siswi SMP IT Ikhsanul Fikri Pabelan Kabupaten Magelang Yang Berasal Dari MI dan SD. Skripsi, Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

As-shalih, Subhi. (2011). Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, diterjemahkan oleh Tim Pustaka Firdaus dari judul Mabahits Fi Ulumil Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Bari, Noor. (1987). Metodologi Pengajaran Berbahasa. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Basleman, Annisah. dan Syamsu Mappa. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bustami dkk. (2014). Statistika terapannya di Informatika, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dahar, Ratna Wilis.( 2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Erlangga,

Davies, Ivor K. (1991) Pengelolaan belajar. Jakarta: Rajawali pers.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fry, Heather. (2009). et.al., A Handbook For Teaching And Learning In Higher Education Enhanching Academic Practice, New York: Routledge.

Gredler, Margaret E Bell,. (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rajawali Pers.

------- (1992). Learning and Instruction Theory Into Practice, New York: Macmillan Publishing Company.

Kalantzis, Mary. dan Bill Cope, (2008). New Learning Elements Of A Science Of Education, New York: Cambridge University Press.

Kartono, Kartini. (1994). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Klein, Stephen B. (1991). Learning Principles And Applications, United States of America: McGraw-Hill.

Mardalis, (1993). Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Meier, Dave. (2003). Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan, Penerjemah Rahmani Astuti, di terjemahkan dari The Accelerated Learning Handbook, Bandung: Kaifa

Morissan, (2012). et al., Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nasution. (1995) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. (2010). Tafsir Ayat-ayat pendidikan (Tafsir Al-ayat Al-tarbawiy). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Imam. (2007). Shahih Riyadhush-Sholihin, di Takhrij oleh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Jakarta: Pustaka Azzam.

Rasyad, Aminuddin. (2003) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press.

Rijdaluddin. (2008). Filsafat Pendidikan Islam Konsep Manusia, Pendidikan Islam, Dan Moral Islami, Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI UHAMKA.

Sadirman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Salim, Peter. dan Yenny Salim. (1991).Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sandjojo, Nidjo. (2011). Metode Analisis Jalur (Path Analysis) Dan Aplikasinya, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Konsep Dan Aplikasi Dengan SPSS, Jakarta: Elek Media Komputindo.

Sardiman A. M., (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

-------, (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali.

Segal, Judith W. (ed.), (1985). Thingking And Learning Skills, London: Lawrence Erlbaum Associates.

Shadily, Hassan. (ed.) (1980). Ensiklopedi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru -Van Hoeve.

Slameto, (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

-------, (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofiatun, Siti. (t.th). Pendidikan Agama Islam Untuk SD/MI Kelas 2 Semester 2. t.tp.: Citra Pustaka..

Sopyatiningrum, Etty. (2001). “Pengaruh Umpan Balik Guru Terhadap Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SLTP Muhammadiyah 22 Pamulangâ€, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 30 Tahun ke-7 Juli.

Sudaryono. (2012). Statistika Probabilitas (Teori Dan Aplikasi), Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

-------, (2014). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2013). Statistika Dasar, Yogyakarta: ANDI dan UNNES.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibbin. (1996) Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (1991)

-------. (1987). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yusda, Ine A. Amirman. (1993) Penelitian Dan Statistik Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakiyah Darajat. (1995). Metodik khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: bumi Aksara.

Published

2021-01-27