EKSISTENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGAMALAN KEAGAMAAN DI UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v2i2.p26-41.9447Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat eksistensi pembelajaran PAI dalam pengalaman keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian atau temuannya tentang eksistensi PAI terletak pada penerapan model dalam pembelajaran PAI di Sastra Inggris yang menciptakan mahasiswa bersikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya. Di samping itu, salah satu program yang juga diminati oleh mahasiswa di prodi sastra inggris adalah pelaksanaan KUM (Kampus UNPAM Mengaji), memberikan pemahaman ukhuwah Islamiah (persaudaraan seagama), ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan sebangsa), ukhuwah bashariyah (persaudaraan sesama manusia). Sehingga konsep ukhuwah ini, mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku.
Kata Kunci: Eksistensi, Pembelajaran PAI, KUM
Penelitian ini bertujuan untuk melihat eksistensi pembelajaran PAI dalam pengalaman keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian atau temuannya tentang eksistensi PAI terletak pada penerapan model dalam pembelajaran PAI di Sastra Inggris yang menciptakan mahasiswa bersikap inklusif, toleran dan gotong royong dalam keragaman agama dan budaya. Di samping itu, salah satu program yang juga diminati oleh mahasiswa di prodi sastra inggris adalah pelaksanaan KUM (Kampus UNPAM Mengaji), memberikan pemahaman ukhuwah Islamiah (persaudaraan seagama), ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan sebangsa), ukhuwah bashariyah (persaudaraan sesama manusia). Sehingga konsep ukhuwah ini, mahasiswa mengembangkan karakter yang teraktualisasi dalam sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, cinta damai, responsif dan proaktif; bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasar prinsip musyawarah serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama yang terkandung di dalamnya sebagai paradigma berpikir, bersikap, dan berperilaku.
Kata Kunci: Eksistensi, Pembelajaran PAI, KUM
Abstract
This study aims to represents the implementation of the Islamic Religious education as the extra curriculum for the 30 second semester students of the English Department, Faculty of Letters-University of Pamulang. The research applied the qualitative by interpreting the data collected through deep interview to the respondents and observation. The result of research indicates that the students relished the program called KUM (Kampus Umpam Mengaji) empowering students to study Al Qu’ran with the teaching and learning model based on the Islamic brotherhood (ukhuwah). The values of this Islamic brotherhood consist of namely patriotism (ukhuwah wathaniyah) and humanitarism (ukhuwah basyariah). With the implementation of this model the students’ performed their integrity in honesty, discipline, responsibility, caring, politeness, environmentally friendly, mutual-understanding, mutual-respect, peace-loving, responsive and proactive. The students execute those Islamic values as their paradigm on their thought, behavior, and attitudes.
Keywords: Existence, PAI Learning, KUM
References
Abdullah, Taufik, Metodologi Penelitian Agama sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2010.
Basri, Hasan, Keluarga Sakinah Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Darajat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2012.
Hanafi, Yusuf, Bias-Bias Dikotomi dalam Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di PerDosenan Tinggi mum, ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6 No. 1 2011.
Idris, Muh., “Pembaruan Pendidikan Islam dalam Konteks Pendidikan Nasional,†Lentera Pendidikan Vol. 12 (1), Juni, 2014.
Imam Sofi'i, Yunus, Mukhoyyaroh, Penguatan Pendidikan Agama Pada Perguruan Tinggi, Jawa Tengah Penerbit CV. Pena Persada, 2020.
J. Goode, William, Sosiologi Agama, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Mastuhu, “Pendidikan Agama Islam di PerDosenan Tinggi Umum,†dalam Dinamika Pemikiran Islam di PerDosenan Tinggi, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2014.
Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasen, 2012.
Nurlaila, Model-Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah/PerDosenan Tinggi Umum, Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam IAIN Raden Fatah, Vol. 16 No. 2 2011.
Patmonodewo, Soemantri, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta: Rhieneka Cipta, 2012.
Ronald, C. Dolls, Curriculum Improvement Deciion Making and Process, (Allyn dan Bacon. Boston. In 1974.
Sastramayani dan Sabdah, Pendidikan Agama Islam Di PerDosenan Tinggi Umum: Studi Kasus Di Universitas Lakidende, Shautut Tarbiyah, Ed. Ke-35 Th. XXII, November 2016.
Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Sudrajat, Ajat, Din-al-Islam Pendidikan Agama Islam di PerDosenan Tinggi Umum, Yogyakarta: UNY Press, 2018.
Sudjana, Nana & Awal Kusumah, Proposal Penelitian di PerDosenan Tinggi, Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2014.
Sulaiman, Rusydi, Pendidikan (Agama) Islam di PerDosenan Tinggi: Tawaran Dimensi Esoterik Agama untuk Penguatan SDM, MADANIA: Jurnal Kajian Keislaman IAIN Bengkulu, Vol. 19 No. 2 2015.
Yunus, Metode Guru PAI Dalam Menerapkan Pembinaan Mental Peserta Didik di MTs “Satu Atap Islam Wathaniyah†Cimpu Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, Jurnal At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 7 No. 2, Juli 2018.