“DAMPAK KAJIAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN GENARASI BERBUDAYA UNGGUL DI ERA DIGITALâ€.
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v2i2.p42-50.9448Abstract
Lembaga kajian merupakan sarana kampus bidang religius dan kederisasi generasi, digitalisasi teknologi banyak mempengaruhi cara beragama kaum melinial, degradrasi moral dan membangun etika keislaman genarasi melinial menjadi pekerjaan utama lembaga kajian.
Tujuan yang akan dicapai dengan etika dan ajaran-ajaran moral adalah kebahagiaan yang digambarkan sebagai perpaduan unsur-unsur rasa aman, damai, dan tenang. Menurut para filosof muslim, kebahagian dapat diraih melalui perbuatan-perbuatan kesusilaan dan juga pengerahan daya akal yang mendalam. Mereka menganggap bahwa kebahagiaan yang dicapai melalui jalan pengerahan kemampuan akal sedalam-dalamnya mempunyai tingkatan lebih tinggi dibanding melalui jalan kesusilaan.
Generasi Unggul dalam konsep keilmuan yang sangat penting demi perkembangan pendidikan agama Islam, yaitu dengan prinsip menggabungkan ‘Aql dan Dhauq yang akan diolah secara rasio dan intuisi.
Kata Kunci : Kajian Keagamaan ,Budaya Unggul, Melinial
References
Ahmad, bin Sulaiman bin Ayyub Abu al-Qasim al-Tabrani. 1983, Al-Mu’jam al-Kabir Juz XIX. Mosul: Mutabah al-ulum wa al-Hikam,
Al-Din, Ala’ Ali bin Hisam al-Din al-Muntaqa al-Hindi al-Burhani. Kanz al-Ummal fi Sunnan al-Aqwal wa Af’al Juz XI. Cet. V; t.t: Muassasah al-Risalah
Ali, Muhammad dan Muhammad Ashrori. 2010, Psikologi Remaja. Cet. Ke-6; Jakarta: PT. Bumi Aksara
Annur, Saiful, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Palembang: Grafika Telindo Press.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. 2006 Undang-undang dan Perauran Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta.
Fadhilatussaniah, Siti, “Metode Penyiaran Islam Yayasan Salman ITB dalam Menyajikan Informasi melalui Website: Studi Deskriptif tentang Website www.salmanitb.com†Tesis Diploma, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2011.
Farida, Anik “Islamisasi Sains dan Saintifikasi Islam: Model Manajemen Pemberdayaan di Masjid Salman ITB Bandung,†Harmoni: Jurnal Multikultural dan Multireligius, Vol. 13, No. 1, 2014.
Fathurrazi, Asep, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Tulungagung: Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung, 2016.
Furqan, 2016, Pedagogi Spiritual, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung,.
Hussin, Zaharah, “ Mendidik Generasi Berakhlak Mulia: Fokus Peranan Guru Pendidikan Islamâ€, Masalah Pendidikan. Kuala Lumpur: Universiti Malaya, 2005. http://kbbi.web.id/nikah. diakses 02 Novenber 2016. Pukul 20: 55.
Hermawan, 2009, Upaya Mengatasi Penggunaan Narkoba pada Masyarakat Desa Gelumbang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Dalam Skripsi, (Palembang: Fak. Tarbiyah IAIN Raden Fatah, 2009).
Masruri, Hadi dan Imron Rossidy, “Filsafat Sains dalam al-Qur'an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama†dalam El-Qudwah Vol. 4, 2007 Mas’ud, Abdurrahman, Islamic Education, Democracy and Civil Society. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2016.
Maulana, Sandi. 2009, Peningkatan Kegiatan Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Bahaya Narkoba Era Modern di Yayasan Sosial Asyifa Palembang, Dalam Skripsi, (Palembang: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah, 2009).
Motik, Dewi. 2012. Upaya Rehabilitasi Narkoba, Jakarta: BNN Press
Muhaimin. 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada
Mukarromah, Khomsiatul, “Membangun Insan Kamil dari Perspektif Media: Media Literasi sebagai Kontrol sosial,†Dirosat: Journal of Islamic Studies Vol. 1, No. 2, 2016. Noor Azizah, Aulia Hening, Uswatun Hasanah, “Pengaruh Perkembangan IT Terhadap Intensitas Ibadah Mahasiswa S1 STEI ITBâ€, Laporan Penelitian, Bandung: ITB, 2016.
Nizar, Samsul. 2009, Sejarah Pendidikan Islam; menelusuri jejak sejarah pendidikan era Rasulullah sampai ke Indonesia. Cet, 3; Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurdin, Indra Fajar, Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar al-’Asqalany dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Nurudin, Perbandingan Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah di Indonesia dan Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Raharjo, Dawam, Insan Kamil: Konsepsi Manusia Menurut Islam, Jakarta: Pustaka Grafiti Pers, 1987.
Rubiyanti, Yanti, “Perilaku Generasi Z dengan Karakteristiknya serta Pengaruhnya terhadap Cara Belajar dari Sisi Psikologi dan Pendidikanâ€, Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung, Senin, 24 Oktober 2016, dalam laman http://event.elearning.itb.ac.id/assets/ download/ materi5.pdf
Suryadi, Rudi Ahmad, Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif, Cianjur: STIS Nahdhatul ‘Ulama Cianjur, 2016. al-Syahrani, Fahd bin Mathar, Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2016.
Tafsir, Ahmad, 2012, Fisafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya,.
Wibawanto, Hari, “Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi,†Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, ITB, Bandung, Senin, 24 Oktober 2016, tersedia dalam laman http://event. elearning.itb.ac.id/assets/ download/materi3.
Yoga S, Salam, “Dakwah di Internet: Konsep Ideal, Kondisi Objektif, dan Prospeknya,†Jurnal Al-Bayan Vol. 21, No. 31, 2015.
Yusuf, H. Syamsu. 2010, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cet. Ke-11; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Zuchdi, Darmiyati, “Pendekatan Pendidikan Nilai Secara Komprehensif sebagai Suatu Alternatif Pembentukan Akhlak Bangsaâ€, Cakrawala Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 2, 2001.