PENGARUH LAYANAN QUR’AN CALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK PADA SMP PLUS PEWARIS PERADABAN CISEENG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Wulandari Wulandari Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Ahmad Haromaini Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Nasrudin Nasrudin Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v2i2.p51-58.9449

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan Qur’an Call terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada SMP Plus Pewaris Peradaban Ciseeng Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket. Responden penelitian ini berjumlah 51 peserta didik. Berdasarkan hasil olah data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwasanya layanan Qur’an call berpengaruh kuat sebesar 44,89% terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an Peserta didik. Dan pada pengujian hipotesis thitung>ttabel mengandung arti bahwa Ho ditolak dan diterima Ha.

Kata Kunci : Al-Qur’an, layanan Qur’an Call , Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an

Author Biographies

Wulandari Wulandari, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Mahasiswa Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Ahmad Haromaini, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Dosen PAI Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Nasrudin Nasrudin, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Dosen PAI Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

References

Ahmad Haromaini, “Studi Perumpamaan Al Qur’an†Jurnal Ilmiah Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Unis Tangerang, no 9 (2019) :25 Jurnal diakses pada Senin 06 Januari 2020 dari http://ejournal.unis.ac.id/index.php/ISLAMIKA/article/view/152

Anwar, Desi, 2002, Kamus Bahasa Indonesia Modern, Surabaya: Amelia.

Fatihudin, Didin, 2015Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntasi, Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Hartono, “Penerapan Metode Tilawati Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sdit Mukhlisiin Kabupten Gowa,†Jurnal Inspiratif Pendidikan 7, no. 2 (2018): 263, http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/7904.

Masud, Muhammad, 2017, Ushul Fiqih Konsep dan Pengembangan Metodologi Hukum Islam, Bandung: Pustaka Rahmat.

Mustaidah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Dengan Menggunakan Metode Yanbu’a.â€Jurnal Attarbiyah 1, no 1 (2016): 1-28 https://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/index.php/attarbiyah/article/view/557/447

PPPA Daarul Qur’an, “Bidang pendidikan dan Dakwah,†artikel diakses pada Jumat 20 Maret 2020 dari https://pppa.or.id/program/pppa/daqu/44/3/30/quran-call

Republika, “50 Persen Umat Islam Indonesia Belum Bisa Baca AlQur’an†artikel diakses pada Senin 06 Januari 2020 dari https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/10/11/pgfc9e366-50-persen-umat-islam-indonesia-belum-bisa-baca-alquran

Saepul Hamdi, Asep, E Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan, (Deepublish, 2015)

Salim Saputra, “Implementasi Pembelajaran Alquran Metode Ummi Di Sd Muhammadiyah Asean Batam Implementation of Learning Alquran Ummi Method in Sd Muhammadiyah Asean Batam,†Jurnal Unrika 8, no. 3 (2019): 527–540, https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/2219.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D(Bandung:Alfabeta, 2015).

Downloads

Published

2021-02-07