Pengembangan destinasi wisata kopi melalui pemberdayaan sumber daya manusia dan pemasaran digital

Authors

  • Subarto Subarto Universitas Pamulang
  • Anah Furyanah Universitas Pamulang
  • Erlita Kurniawaty Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v7i2.y2022.p83-102

Keywords:

Human Capital, Model Pemasaran, Wisata Kopi

Abstract

This study aims to implement the B2C digital marketing model of the Cilumping coffee shop as an Instagrammable tourism destination. This study employed the qualitative approach to describe Basma Cilumping coffee products. The informants of this study were the coffee farmers in Cilumping village Cilacap regency. This study recommends that the Cilumping coffee shop and Basma products be assisted by digital marketing such as website, marketplace, and Instagram social media. It proved that once we initiated the B2C digital marketing model of Cilumping coffee, their earnings started to increase. This study also recommends entrepreneurship and barista training for Cilumping coffee farmers. The supporting capacity of regional and village governments is needed to improve this local product and tourism destination in Cilumping


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model digital marketing B2C bagi kedai kopi Cilumping sebagai destinasi wisata yang Instagrammable. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan produk kopi Basma Cilumping. Informan penelitian ini adalah para petani kopi di Desa Cilumping Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merekomendasikan agar produk kedai kopi Cilumping dan Basma dibantu dengan pemasaran digital seperti website, marketplace, dan Instagram. Terbukti, begitu kami menginisiasi model B2C pemasaran digital kopi Cilumping ini, pendapatan para petani kopi cenderung meningkat. Penelitian ini juga merekomendasikan pelatihan kewirausahaan dan barista bagi petani kopi Cilumping. Dukungan pemerintah daerah dan pemerintah desa sangat diperlukan untuk terus meningkatkan potensi produk lokal dan destinasi Cilumping ini


Author Biography

Anah Furyanah, Universitas Pamulang

  

References

Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Aprilia, E. R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Ampenan Mataram. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 51.

Aryani, D. I. (2019). Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian Terhadap Perilaku Konsumen. Waca Cipta Ruang, 5(1), 330–336.

Aryawati, N. P. A. (2020). Digital Tourism: Strategi Menarik Wisatawan Milenial Ke NTB. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 87–92.

Chikandiwa, S. T., Contogiannis, E., & Jembere, E. (2013). The adoption of social media marketing in South African banks. European Business Review, 25(4), 365–381. https://doi.org/10.1108/EBR-02-2013-0013

Dabrowski, D., Brzozowska-Woś, M., Gołąb-Andrzejak, E., & Firgolska, A. (2019). Market orientation and hotel performance: The mediating effect of creative marketing programs. Journal of Hospitality and Tourism Management, 41, 175–183. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2019.10.006

Ferreira, J., Ferreira, C., & Bos, E. (2021). Geoforum Spaces of consumption, connection, and community: Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119(January), 21–29. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.12.024

Fikri, H. (2017). Inovasi Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi Melalui City Branding “ The Sunrise Of Java †Sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata . 05(02), 332–344.

Fitriani, F., Sutarni, S., Trisnanto, T. B., Fatih, C., & Asnawi, R. (2020). Keberlanjutan Finansial Usaha Beras Siger: Studi Kasus pada UMK peserta Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L) di Propinsi Lampung. Journal of Food System and Agribusiness, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.25181/jofsa.v3i1.1415

Hikmah, P. N. (2020). Strategi pemasaran kopi spectrum di kota bogor 1). 10(2), 79–85.

Imaniar, Wahyudiono. (2018). Pengembangan, Strategi Bauran, D A N Lerek, Lingkungan. 2(2), 206–217.

Kozak, M., & Rimmington, M. (2000). Tourist satisfaction with Mallorca, Spain, as an off-season holiday destination. Journal of Travel Research, 38(3), 260–269. https://doi.org/10.1177/004728750003800308

Meinal, T. R., & Pratama, W. (2020). Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0 Dengan Aspek Estetika Destinasi Instagramable. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 283–289.

Nisa, K., & Supriyanta. (2015). desa wisata Karangrejo sebagai media informasi dan promosi. Informatika, 3(1), 35–40.

Pereira, H. G., de Fátima Salgueiro, M., & Rita, P. (2017). Online determinants of e-customer satisfaction: application to website purchases in tourism. Service Business, 11(2), 375–403. https://doi.org/10.1007/s11628-016-0313-6

Pidada, I. A. I. (2020). The Effectiveness of Online Marketing Trends : B2B and B2C Application. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 90–98.

Prayogo, Y. J. (2021). Spesifikasi Proyek Desain Desain Mural Pada Barok’s Coffee Sebagai. Politeknik Negeri Jakarta.

Priansa, D. J., & Suryawardani, B. (2020). Effects of e-marketing and social media marketing on e-commerce shopping decisions. Jurnal Manajemen Indonesia, 20(1), 76–82.

Ramadhan, D. M., & Yusuf, B. P. (2022). Peran digital marketing pada UMKM di Kedai Kopi 272. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 393–402.

Sangadah, U. I. (2016). Strategi Pemasaran Agrowisata Perkebunan Kopi Sekitar Gunung Gumitir Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(1), 1–14.

Sari, D., Novianti, E., Iskandarsyah, A., & Asyari, R. (2022). Wisata Budaya: Identifikasi Potensi Wisata Budaya Berbasis Masyarakat di Kota Bandung. Abdimas Pariwisata, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.36276/jap

Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–35.

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Tahmasebifard, H., & Azad, U. I. (2017). The role of entrepreneurial orientation in achieving agility capability. Journal of Applied Economics and Business Research, 7(2), 137–156.

Tampubolon, M., Putri, Y. R., & Atnan, N. (2016). Strategi Promosi Coffee Shop melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @crematology). E-Proceeding of Management, 3(2), 2421–2432.

Thien, L. M. (2019). Assessing a second-order quality of school life construct using partial least squares structural equation modelling approach. International Journal of Research & Method in Education, 43(3), 243–256. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1743727X.2019.1662779

Tiago, M. T., & Tiago, F. (2012). Revisiting the impact of integrated internet marketing on firms’ online performance: European evidences. Procedia Technology, 5, 418–426. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.09.046

Wibisono, N., Setiawati, L., & Putri, S. R. S. U. (2020). Model Pengembangan Destinasi Pariwisata Pedesaan Studi Kasus: Desa Wisata Gambung Mekarsari. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 34–43. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1568

Yulianah. (2021). Mengembangkan sumber daya manusia untuk pariwisata berbasis komunitas di pedesaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 1–9.

Zakaria, F. dan R. D. S. (2014). Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik Pomits, 3(1), 245–249. https://doi.org/10.1097/00130404-200409000-00009

Zeithaml, V. A., Jaworski, B. J., Kohli, A. K., Tuli, K. R., Ulaga, W., & Zaltman, G. (2020). A Theories-in-Use Approach to Building Marketing Theory. Journal of Marketing, 84(1), 32–51. https://doi.org/10.1177/0022242919888477

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Subarto, S., Furyanah, A., & Kurniawaty, E. (2022). Pengembangan destinasi wisata kopi melalui pemberdayaan sumber daya manusia dan pemasaran digital. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 83–102. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v7i2.y2022.p83-102