Peningkatan hasil belajar marketing melalui model pembelajaran PjBL berbasis media digital

Improving marketing learning outcomes through digital media-based PjBL learning models

Authors

  • Euis Rachmawati Azizah Universitas Negeri Semarang
  • Anisa Okta Viana Universitas Negeri Semarang
  • Anisa Nur Hidayah
  • Desy Ayu Safitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Digital Media, Marketing Competency, Student Achievement, PjBL

Abstract

This study examines the influence of project-based learning (PjBL) learning model-based digital media on student learning outcomes. This research was conducted on accounting education students in the 2023 class at Semarang State University. This research method uses quantitative methods. The sampling technique uses the population research technique used as the sample in the research. The research population for the 2023 accounting education students class at Semarang State University was 51 people. The data collection technique for this research uses a closed questionnaire. Data analysis techniques include simple linear regression and significance tests (t-tests). The research results show that the application-based PjBL learning model variables positively and significantly influence marketing management learning outcomes for accounting education students at Semarang State University.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis media digital terhadap hasil belajar marketing. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2023 Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh. Populasi penelitian mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2023 Universitas Negeri Semarang sebanyak 51 orang. Teknik Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan Kuesioner Tertutup. Teknik analisis data terdiri: Uji regresi Linier Sederhana, dan Uji Signifikansi (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel model pembelajaran PjBL berbasis aplikasi terhadap hasil belajar manajemen pemasaran pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang.

References

Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta: UAD Press.

Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran korufsi (kotak huruf edukasi) berbasis word square pada materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di indonesia kelas viiic SMP Negeri 1 Lampihong tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (2), 980-993.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 47-56.

Hergenhahn, B. R. (2020). Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Prenada Media Group.

Cristiana, E. (2021, May). Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 58-66).

Dimyati, M., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R., Hairunisa, H., & Haris, A. H. A. (2021). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Berbantuan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. GRAVITY EDU: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4 (2), 10-13.

Mardhiah, Ainun & Akbar, S.A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasilbelajar kimia siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6( 1), 50-61.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.

Rinaldi, Muammar. (2021). pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Niagawan, 8 (3), 1-16.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Warsono, & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Azizah, E. R., Viana, A. O., Hidayah, A. N., & Safitri, D. A. (2023). Peningkatan hasil belajar marketing melalui model pembelajaran PjBL berbasis media digital: Improving marketing learning outcomes through digital media-based PjBL learning models. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 8(1), 44–49. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/keberlanjutan/article/view/35427