The effect of good school governance on school education quality: The moderating role of BOS fund effectiveness

Pengaruh good school governance terhadap kualitas pendidikan di tingkat sekolah: Peran moderasi efektivitas pengelolaan dana BOS

Authors

  • I Gusti Ayu Eka Suryanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anantawikrama Tungga Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

BOS Fund Effectiveness, Good School Governance, School Education Quality

Abstract

This research examines the influence of good school governance (GSG) on school education quality by using the effectiveness of managing School Operational Assistance (BOS) funds as a mediator variable. The samples in this research were 283 internal and external stakeholders of State Vocational High School (SMKN) 1 Tabanan, Bali. These samples were obtained using the stratified random sampling method. The data analysis method used is path analysis. Hypothesis testing that has a direct effect uses the t-test from the ordinary least square (OLS) regression coefficient results. This research uses the Sobel test to test the hypothesis of the role of mediation or indirect effect. This research proved that accountability and transparency directly affect the quality of school education, but school committee supervision does not. The influence of school committee supervision on the quality of school education is indirect, namely through the mediating role of the effectiveness of BOS fund management. Apart from that, the effectiveness of BOS fund management can also mediate the indirect influence of accountability and transparency on the quality of school education

Abstrak

Penelitian ini berupaya menelaah pengaruh implementasi good school governance (GSG) terhadap mutu pendidikan dengan menggunakan efektivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai variabel meditor. Sampel dalam penelitian ini adalah stakeholders internal dan eksternal Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tabanan Provinsi Bali yang sebanyak 283. Sampel-sampel tersebut didapatkan dengan metode stratified random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Pengujian hipotesis yang bersifat pengaruh langsung (direct effect) menggunakan uji t dari hasil koefisien regresi ordinary least square (OLS). Sementara untuk menguji hipotesis peran mediasi atau pengaruh tidak langsung (indirect effect), penelitian ini menggunakan uji Sobel. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa akutanbilitas dan transparansi berpengaruh secara langsung terhadap mutu pendidikan sekolah, tetapi pengawasan komite sekolah tidak. Pengaruh pengawasan komite sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah bersifat tidak langsung, yaitu melalui peran mediasi efektivitas pengelolaan dana BOS. Selain itu, efektivitas pengelolaan dana BOS juga dapat memediasi pengaruh tidak langsung akuntabilitas dan transparansi terhadap mutu pendidikan sekolah

References

Anugrah, A., Mulawarman, W. G., & Nurlaelah, N. (2022). School Operational Assistance Management to Lighten School Burden: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(3), 322–330. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1235

Arbi, S., Susanto, H., & Endarti, E. W. (2022). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sdn 014 Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 5(2), 194–200. http://jurnal.uwp.ac.id/pps/index.php/map/article/view/418

Arismun, A., Rusdiana, R., Deriyanto, D., & Murtafiah, N. H. (2023). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Smp Negeri 2 Bandarlampung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(4), 330–336. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i4.1789

Ayu, H. C., Ferdian, T., & Nelvia, R. (2021). Pengaruh partisipasi masyarakat, transparansi pemerintahan, dan akuntabilitas publik terhadap efisiensi penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Rimbo Ulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 1(1), 132–145.

Azhari, A., Kamaruddin, K., Marzuki, M., & Dewi, R. (2020). Do School Accreditation, Education Budget, and Teacher's Competence Matter for Graduate's Quality? Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 9(1), 01–08. https://doi.org/10.21009/jpeb.009.1.1

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research. Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Bhawa, G. A. S., Haris, I. A., & Artana, M. (2014). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 11–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4118

Buchholz, R. A., & Rosenthal, S. B. (2005). Toward a contemporary conceptual framework for stakeholder theory. Journal of Business Ethics, 58(1), 137–148. https://doi.org/10.1007/s10551-005-1393-8

Contrafatto, M. (2014). Stewardship theory: Approaches and perspectives. Advances in Public Interest Accounting, 17, 177–196. https://doi.org/10.1108/S1041-706020140000017007

Diputra, G. I. S. (2013). Analisi pengaruh dana bantuan operasional sekolah (bos), rata-rata masa kerja guru, dan rasio siswa tidak mampu terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar Negeri di kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 2(1), 42–50.

Donaldson, L., & Davis, J. H. (1991). Stewardship Theory or Agency Theory: CEO Governance and Shareholder Returns. Australian Journal of Management, 16(1), 49–64. https://doi.org/10.1177/031289629101600103

Efendi, R., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Effect of Role School Committee and School Operational Fund on Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 194–203. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i2.48

Fathony, A. A., & Prianty, F. (2019). Pengaruh anggaran pendidikan dan penggunaan anggaran dana BOS terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Solokan Jeruk. Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(48), 1–12.

Fatonah, N. (2021). Manfaat dana bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap mutu proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15(2), 474–483.

Fauzan, F. (2014). Pengaruh penerapan good corporate governance terhadap perilaku etis dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10(3), 158–169.

Fitri, E. N., & Kurniawati, D. (2021). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Peningkatan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan. Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 15–26.

Freeman, R. E. (2010). Strategic management: A stakeholder approach (Printed Ve). Cambridge University Press.

Gabe, G., & Siregar, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah Di MAN Kota Medan. Jurnal EduTech, 6(2), 215–228. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/4928

Gann, N. (2005). Improving School Governance: How better governors make better schools. Taylor & Francis.

Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi tentang akuntabilitas, transparansi pengelolaan keuangan sekolah dan kualitas layanan pendidikan di sma negeri Kabupaten Kaur yang terakreditasi A, B, dan C. The Manager Review, 4(1), 303–328.

Hadiyanto, Famella, S., & Wiyono, B. B. (2019). The challenge of school operational assistance management in elementary schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 421–432.

Hadiyanto, N. (2015). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 103–116.

Haji, S., Lian, B., & Fitriani, Y. (2020). An Evaluation of School Operational Fund Program. International Journal of Educational Review, 2(2), 212–221. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.11001

Haqiqi, F., & Nugraha, A. B. R. (2019). Analisis pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja pengelolaan dana BOS di SDN II Sendanu Darulihsan. Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi), 3(3), 235–245.

Harpe, S. D. L., Rijken, C., & Roos, R. (2008). Good Governance. Potchefstroom Electronic Law Journal (Pelj), 11(2), 2–15. https://doi.org/10.36719/aem/2007-2020/52/125-130

Higgs, D. (2002). Review of the role and effectiveness of non-executive directors. In Consultation Paper. Stationery Office London.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Keay, A. (2017). Stewardship theory: Is board accountability ncessary? International Journal of Law and Management, 59(6), 1292–1314.

Krina, L. L. (2003). Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi. Sekretariat Good Public Governance BPPN.

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620

Mannuhung, S. (2019). Efektivitas pelaksanaan program bantuan operasional sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah ibtidaiyah di Kota Makasar. Jurnal Andi Djemma, 3(1), 98–115.

Mardiasmo. (2006). Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintah.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2024). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Buku 2 (2nd ed.). Jakarta: Penerbit Salemba.

Maryono, M. (2018). Akuntabilitas sekolah; suatu upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Jurnal Paramurobi, 1(1), 29–41.

Media Indonesia. (2022). Dana BOS, Sasaran Empuk Praktik Korupsi di Sekolah. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/548007/dana-bos-sasaran-empuk-praktik-korupsi-di-sekolah

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.31258/raje.4.2.95-104

Misbah, M. (2009). Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 1–15.

Muwahid, F., Azis, M., & Azis, F. (2024). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 3 Polewali. Jurnal Mirai Management, 9(1), 253–267.

Nodera, M. S., Kusumastuti, R., & Jumaili, S. (2023). Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah SMAN 7 Merangin Tahun 2021. Owner, 7(1), 799–809. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1247

Novitasari, I. I., Rosidi, R., & Muawanah, U. (2022). Komitmen pimpinan sebagai moderasi pengaruh good school governance terhadap kinerja sekolah. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(1), 101–111. https://doi.org/10.21067/jem.v18i1.6535

Pawestri, R. R., Warsito, W., & Astrika, L. (2013). Proses Implementasi Bantuan Operasional Sekolah Di Smk Negeri 7 Kota Semarang. Journal of Politics and Government Studies, 4(3), 51–60.

Prapliyati, P., & Margunani, M. (2019). Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan efisiensi pengelolaan keuangan sekolah terhadap produktivitas sekolah. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1030–1044. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i3.35725

Purnamawati, I. G. A. (2019). Administration System Development Of Education In Improving Service Quality. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 361–370.

Purnamawati, I. G. A., & Adnyani, N. K. S. (2019). Peran Komitmen, Kompetensi, dan Spiritualitas dalam Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(2), 227–240. https://doi.org/10.18202/jamal.2019.08.10013

Purnamawati, I. G. A., Adnyani, N. K. S., Andiani, N. D., & Yuliartini, N. P. R. (2016). Pengelolaan Keuangan Desa dalam Upaya Mewujudkan Good Village Governance and Clean Government di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–11.

Purnamawati, I. G. A., & Hatane, S. E. (2020). Analysis of Local Government Financial Information Quality Based on Internal and External Factors. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 11(2), 66–81. https://doi.org/10.26740/jaj.v11n2.p66-81

Yuniarta, G. A., & Purnamawati, I. G. A. (2020). Key Elements for Local Government Transparency in New Public Governance. Problems and Perspectives in Managements, 18(4), 96–106. https://doi.org/10.21511/ppm.18(4).2020.09

Putra, K. A. U., & Suryanawa, I. K. (2022). The Effect of Accountability and Transparency on Effectiveness of Government School Operational Assistance Funds Management. European Journal of Business and Management Research, 7(4), 108–115. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.4.1364

Rachman, A., Hayati, C., & Mariyani, I. (2022). Efektifitas Good School Governance Melalui Pengelolaan Dana BOS (Studi Empiris : SMP/ Mts di Banyuwangi). YUME : Journal of Management, 5(3), 97–111. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.3546

Rachman, D., Setiawan, D., Maftuh, R., & Nugraha, T. (2022). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SMA Sasama. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 13(3), 73–86.

Rahayu, R., & Hernawan, A. H. (2022). Manajemen untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di sekolah dasar (Studi kasus pada sekolah dasar di kecamatan Tapos). Jurnal EDUPENA, 3(2), 70–71.

Rahmadhani, L., & Suparno, S. (2020). Pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP) dan peran komite sekolah terhadap pencegahan fraud pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada SMP Negeri di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 5(3), 400–411.

Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. Aktsar, 1(1), 95–112.

Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada Sma Negeri Se-Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 571–582.

Resnick, M. A. (1999). Effective School Governance: A Look at Today's Practice and Tomorrow's Promise. In Education Commission of the States.

Salam, N. A., Basalamah, S., & Subhan. (2023). Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Operasional Sekolah. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(3), 172–186.

Schillemans, T., & Bjurstrøm, K. H. (2019). Trust and Verification : Balancing Agency and Stewardship Theory in the Governance of Agencies. International Public Management Journal, 0(0), 1–35. https://doi.org/10.1080/10967494.2018.1553807

Septhiningrum, A. P., Sumtaky, M., & Zuhroh, D. (2023). Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional (BOS). Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan (JRAP), 10(1), 92–102.

Sopian, Asqolani, & Johantri, B. (2022). Mengukur akuntabilitas dana bantuan operasional sekolah. Journal of Applied Managerial Accounting, 6(1), 59–80.

Sudradjat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK (Vol. 17). Bandung: Cipta Lekas Garafika.

Sugiarti, D. (2023). Bantuan Operasional Sekolah (BOS): Antara Aturan VS Implementasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 05(2), 63–75. https://doi.org/10.20527 Bantuan

Sugiono, R. K. A., Andiana, & Kurrohman, T. (2015). Pengaruh Ketepatan Dana, Kecukupan Dana dan Sasaran Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Kabupaten Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 23–28.

Sumarni, S. (2014). Efektivitas dana bos terhadap peningkatan mutu di madrasah. Edukasi, 12(06), 83–98. https://doi.org/10.32729/edukasi.v12i1.75.

Susanti, H. (2019). Penerapan Good School Governance (GSG) Dan Pengaruhnya Terhadap Efektifitas Pengelolaan Bantuan Operasional (BOS) Sekolah Dasar Kota Blitar. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 74–84.

Suwarno, G., & Musafik, M. N. (2022). Implementasi aplikasi RKAS dalam pengelolaan bantuan operasional sekolah (Studi kasus SDN 2 Bantengan dan SDS Muhammadiyah program plus Tulungagung). Otonomi, 22(2), 318–325.

Tanjung, A. A. P., Masnila, N., & Mubarok, M. H. (2022). Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi orangtua terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada SD dan SMP. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 990–1005.

Thanwain, Jumarding, A., & Nurhidayanti. (2023). Penerapan good school governance pada efektivitas pengelolaan dana operasional sekolah. Jurnal Mirai Management, 8(1), 357–373.

Trisnawati, F. (2018). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan keuangan madrasah di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 14(1), 1–19.

Ufairah, S., & Murtanto. (2022). Pengaruh Penerapan Good Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1549–1560.

Utama, D. A., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(2), 100–114.

Viktoria, T. (2015). Transparency and Accountability in The Education Fund Management in SMK Muhammadiyah Prambanan. E-Journal Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika, 4(4), 284–290. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/2704

Wahyuni, L., Mursalim, & Nurwana, A. (2023). Pengaruh Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) Dan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bos Terhadap Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Dana Bos di Kota Makasar. Journal on Education, 05(04), 13139–13152.

Widyastuti, A., Titong, W. O., & Ulum, I. (2022). Kompetensi SDM Sebagai Mediasi Dalam Good Governance Dan Angaran Berbasis Kinerja Pada Pengelolaan Dana BOS. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 378–397. https://doi.org/10.22219/jrak.v12i2.22014

Yulyanti, Y., Rakib, M., & Rahman, N. (2022). Pengaruh aplikasi rencana kerja anggaran sekolah terhadap akuntabilitas dan transparansi dana BOS. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 251–259.

Yusra, M., Yunita, N. A., Nurhasanah, & Arliansyah. (2021). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SD di Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara : Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Visioner Dan Strategis, 10(3), 79–86.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Suryanthi, I. G. A. E., Tungga Atmadja, A., & Purnamawati, I. G. A. (2024). The effect of good school governance on school education quality: The moderating role of BOS fund effectiveness: Pengaruh good school governance terhadap kualitas pendidikan di tingkat sekolah: Peran moderasi efektivitas pengelolaan dana BOS. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 9(1), 26–48. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/keberlanjutan/article/view/42252