ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CAKRAWALA CITRAMEGA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v6i1.y2018.p125-145Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel pelanggan pada PT.Cakrawala Citramega.
Penelitian ini menggunakan metode assosiatif kuantitatif analisis dengan pendekatan survey dan kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan PT . Cakrawala Citramega yang berjumlah 96 orang dengan menggunakan sampel jenuh, sampel diambil dari keseluruhan pelanggan pada bulan Desember 2017.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 12.389 + 0,334X1 + 0,378X2. Semakin baik kualitas pelayanan dan kualitas produkmaka akan semakin meningkat kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya, kulaitas pelayanan dan kualitas produkrendah maka kepuasan pelangggan juga akan mengalami penurunan. Kontribusi kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan adalah sebesar 53,3% sedangkan sisanya sebesar 46,7% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau (53,068>3,090 ),hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Produk, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).