ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CAKRAWALA CITRAMEGA

Authors

  • Asep Sulaeman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v6i1.y2018.p125-145

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel pelanggan pada PT.Cakrawala Citramega.

Penelitian ini menggunakan metode assosiatif kuantitatif analisis dengan pendekatan survey dan kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan PT . Cakrawala Citramega yang berjumlah 96 orang dengan menggunakan sampel jenuh, sampel diambil dari keseluruhan pelanggan pada bulan Desember 2017.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 12.389 + 0,334X1 + 0,378X2. Semakin baik kualitas pelayanan dan kualitas produkmaka akan semakin meningkat kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya, kulaitas pelayanan dan kualitas produkrendah maka kepuasan pelangggan juga akan mengalami penurunan. Kontribusi kualitas  pelayanan dan kualitas produk secara simultan adalah sebesar 53,3% sedangkan sisanya sebesar 46,7% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau (53,068>3,090 ),hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci     : Kualitas Pelayanan, Produk, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2018-02-12

How to Cite

Sulaeman, A. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CAKRAWALA CITRAMEGA. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(1), 125–145. https://doi.org/10.32493/jk.v6i1.y2018.p125-145

Issue

Section

Articles