PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON ASSET(ROA) (Studi pada PT Astra International, Tbk)

Authors

  • Tri Wartono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v6i2.y2018.p78-97

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan Current Ratio (CR), Debt To Equity (DER), Return on Asset (ROA) dan mengetahui signifikansi pengaruh variabel CR dan DER, baik secara parsial maupun secara bersama–sama terhadap ROA pada PT. Astra International Tbk.

Metode penulisan yang digunakan adalah dengan metode penulisan kuantitatif, maksudnya penelitian yang menggambarkan atau menceritakan serta menguraikan bagaimana hasil dari perhitungan data-data financial perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Objek penelitiannya yaitu pada PT. Astra International, Tbk. Data primer yang digunakan adalah Laporan Keuangan yang berupa laporan neraca dan Laporan Laba Rugi pada periode 2007- 2016. Metode analisa data menggunakan Analisa uji asumsi klasik, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis.

Hasil penelitian Current ratio mempunyai koefisien regresi sebesar -1.391 dan tingkat signifikan sebesar 0.207. Hal ini berarti H1 ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa Current ratio berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Return on asset, variable debt to equity mempunyai koefisien regresi sebesar -0.811dan tingkat signifikasi sebesar 0.444. Hal ini berarti H2 ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa debt to equity berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Return on asset karena tingkat signifikasi yang dimiliki variable debt to equity lebih besar dari 0.05, Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F sebesar 0.994 dengan tingkat signifikasi 0.417. Karena tingkat signifikasi lebih besar dari 0.05, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis H3 ditolak, yaitu Current ratio, debt to equity berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Return on asset.

 

Kata Kunci: CR, DER dan  ROA

Downloads

Published

2018-05-22

How to Cite

Wartono, T. (2018). PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON ASSET(ROA) (Studi pada PT Astra International, Tbk). KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 78–97. https://doi.org/10.32493/jk.v6i2.y2018.p78-97

Issue

Section

Articles