PENGARUH PEMAHAMAN MASYARAKAT DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DI DALAM KEGIATAN REHABILTASI EKOSISTEM MANGROVE DI MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Isep Amas Priatna Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v6i2.y2018.p98-117

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tingkat pemahaman masyarakat dan peran pemerintah pada partisipasi masyarakat di dalam kegiatan rehabilitasi ekosistem mangrove di Muara Gembong Kabupaten Bekasi, dengan menggunakan metode penelitian korelasi dengan metodologi deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dimana berusaha untuk melihat hubungan atau keterkaitan antar variabel.

Dengan populasi sebanyak 240 orang yang langsung berkaitan dengan hutan mangrove dan untuk  sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dengan skala linkert.

Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pemahaman masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam rehabilitasi mangrove dengan kontribusi nilai sebesar 0,488 artinya pemahaman masyarakat mempengaruhi partisipasi masyarakat sebesar 48,8 %. (2) Peran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam rehabilitasi mangrove dengan kontribusi nilai sebesar 0,681 artinya peran pemerintah mempengaruhi partisipasi masyarakat sebesar 68.1%. (3) Pemahaman masyarakat dan peran pemerintah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam rehabilitasi mangrove dengan kontribusi nilai sebesar 0,795 artinya pemahaman masyarakat dan peran pemerintah secara simultan mempengaruhi partispasi masyarakat sebesar 79.5%, sedangkan nilai sebesar 20.5% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel independen dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Pemahaman Masyarakat, Peran Pemerintah, Partisipasi Masyarakat

Downloads

Published

2018-05-22

How to Cite

Priatna, I. A. (2018). PENGARUH PEMAHAMAN MASYARAKAT DAN PERAN PEMERINTAH TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DI DALAM KEGIATAN REHABILTASI EKOSISTEM MANGROVE DI MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 98–117. https://doi.org/10.32493/jk.v6i2.y2018.p98-117

Issue

Section

Articles