ANALISA METODE DISCUSSION DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KINERJA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p85-97Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode discussion dan role playing di dalam kelas manajemen kinerja, apakah lebih lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah yang sebelumnya digunakan oleh kebanyakan pelajar. Hal ini disebabkan karena metode yang lama dinilai kurang efektif dan tidak mendapatkan hasil yang optimal. Secara visual mahasiswa cenderung kurang bersemangan dalam belajar, kurang ekspresif dan kurang terganli kemampuan inidividunya.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan warna baru bagi mahasiswa dan pengajarnya, sehingga akan membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dan bersemangat dalam belajar sehingga prestasi belajar akan menjadi semakin baik. Penelitian ini juga akan membantu meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri dan jiwa kompetitif dari mahasiswa karena metode yang diterapkan lebih interaktif, melibatkan keduabelah pihak yaitu mahasiswa dan dosennya serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok sehingga jauh dari kesan monoton.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dirancang secara khusus dalam penerapannya dan disesuaikan dengan silabus dan satuan acara perkuliahan yang telah disepakati oleh pihak institusi. Hasil dari penelitian sudah seperti yang diharapkan walau belum maksimal, peningkatan prestasi mahasiswa sudah terlihat dengan hasil test yang dilakukan oleh peneliti. Prilaku mahasiswa juga terlihat ada perubahan, lebih percaya diri, kreatif, toleransi lebih baik, kooperatif dan lebih mandiri.
Kata Kunci : Discussion, role playing dan prestasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).