ANALISA METODE DISCUSSION DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KINERJA

Authors

  • M. Zainal Muttaqin Abdin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p85-97

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode discussion dan role playing di dalam kelas manajemen kinerja, apakah lebih lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah yang sebelumnya digunakan oleh kebanyakan pelajar. Hal ini disebabkan karena metode yang lama dinilai kurang efektif dan tidak mendapatkan hasil yang optimal.  Secara visual mahasiswa cenderung kurang bersemangan  dalam  belajar,  kurang ekspresif dan kurang terganli kemampuan inidividunya.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan warna baru bagi mahasiswa dan pengajarnya,  sehingga  akan  membuat  mahasiswa  menjadi  lebih  kreatif  dan  bersemangat dalam belajar sehingga prestasi belajar akan menjadi semakin baik. Penelitian ini juga akan membantu meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri dan jiwa kompetitif dari mahasiswa karena  metode   yang   diterapkan   lebih   interaktif,   melibatkan  keduabelah  pihak   yaitu mahasiswa dan dosennya serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok sehingga jauh dari kesan monoton.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dirancang secara khusus dalam penerapannya dan disesuaikan dengan silabus dan satuan acara perkuliahan yang telah disepakati oleh pihak institusi. Hasil dari penelitian sudah seperti yang diharapkan walau belum maksimal, peningkatan prestasi mahasiswa sudah terlihat dengan hasil test yang dilakukan oleh peneliti. Prilaku mahasiswa juga terlihat ada perubahan, lebih percaya diri, kreatif, toleransi lebih baik, kooperatif dan lebih mandiri.

Kata Kunci : Discussion, role playing dan prestasi

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

Abdin, M. Z. M. (2018). ANALISA METODE DISCUSSION DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KINERJA. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(3), 85–97. https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p85-97

Issue

Section

Articles