EVALUASI PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS DI PT. SURYA CITRA TELEVISI)

Authors

  • Fakung Rahman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p109-126

Abstract

ABSTRAK

Dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi atas penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) yang telah diimplementasikan di PT. Surya Citra Televisi, seperti yang diketahui bahwa di dalam sistem yang lama di perusahaan ini yaitu IBM AS/400 tidak bisa mengakomodasi seluruh kepentingan manajemen, dimana sistem yang lama hanya menyajikan data yang sudah ditentukan sehingga sering menimbulkan miss-information antar departemen dan adanya keterbatasan dalam analisa data. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan implementasi SAP (Systems, Applications, Product in Data Processing) kaitannya dengan konsep ERP, melakukan evaluasi setelah ERP diimplementasikan terhadap penyajian laporan keuangan, meneliti tingkat keramahan pemakai (user friendly) sistem SAP dan melakukan evaluasi atas bentuk laporan keuangan yang dihasilkan sistem yang baru ini.

Kata Kunci : Enterprise Resource Planning (ERP); Systems, Applications, Product in Data Processing (SAP); evaluasi; user friendly; bentuk laporan keuangan.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

Rahman, F. (2018). EVALUASI PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS DI PT. SURYA CITRA TELEVISI). KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(3), 109–126. https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p109-126

Issue

Section

Articles