ANALISIS VOLUME PENJUALAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN DISTRIBUTOR MANAGEMENT SYSTEM (DMS) PADA CV DIFFA CEMERLANG

Authors

  • Sawukir Sawukir Universitas Pamulang
  • Nurmono Nurmono
  • Muhamad Nurhamdi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p73-82

Keywords:

Volume Penjualan, Sistem DMS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan volume penjualan sebelum dan sesudah menggunakan DMS pada CV Diffa Cemerlang. Penjualan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, di mana tingkat penjualan akan mengakibatkan perkembangan bagi perusahaan. Apakah perusahaan itu akan berkembang dan maju atau sebaliknya bangkrut dan berakhir tutup. Tingkat penjualan yang semakin meningkat akan menjadikan perusahaan akan masih terus berjalan, sebaliknya jika tingkat penjualan semakin menurun akan mengakibatkan perusahaan tidak akan bertahan lama karena pendapatan tidak sebanding dengan pengeluaran yang membuat perusahaan merugi dan lama kelamaan akan bangkrut dan akhirnya tutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah data dokumentasi berupa laporan volume penjualan dan dengan sesi wawancara, sehingga dapat diketahui perbedaan volume penjualan sebelum dan sesudah menggunakan DMS. Hasil penelitian menunjukan bahwa volume penjualan sebelum menggunakan sistem DMS lebih baik daripada volume penjualan setelah menggunakan sistem DMS.

References

Abdurrahman, Sanusi. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Ahmadi. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: ArRuzz Media

Assauri. (2014). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 202-216.

Arianto, N., & Muhfany, A. A. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 50-59.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran Cetakan II. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Djamal. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Johanes, Fernandes Andry.2015. Analisa perbandingan penerapan e-commerce terhadap transaksi penjualan konvensional menggunakan metode simple moving average. Jurnal Teknologi Informasi Program Studi Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Universitas Bunda Mulia Volume 11, Nomor 1, Juni 2015 Issn: 1979-1496

Poerwandari, E.K. (2005). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Resmawati, Resi. 2018. Analisis Perbandingan Volume Penjualan Sebelum Dan Sesudah Mendapatkan Sertifikasi Halal. e-Proceeding of Applied Science : Vol.4, No.2 Agustus 2018

Sasangka, Indra., dkk. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart'90 Bandung, Core.ac.uk: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Vol.2 No.1 hal 129-154

Suryanto dan Herman Abdul Muhyi dengan judul Analisis Perbandingan Volume Perdagangan Saham Sebelum Dan Sesudah Stock Split Di Bursa Efek Indonesia (Jurnal ilmu politik dan komunikasi, Departemen Adminitrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran, Volume VII No 2 , Desember 2017).

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Sawukir, S., Nurmono, N., & Nurhamdi, M. (2021). ANALISIS VOLUME PENJUALAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN DISTRIBUTOR MANAGEMENT SYSTEM (DMS) PADA CV DIFFA CEMERLANG. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(2), 73–82. https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p73-82

Issue

Section

Articles