KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK DI KOPI KENANGAN CABANG RS. MAYAPADA LEBAK BULUS JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p94-100Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan diadakan penelitian ini untuk menganalisis adakah kepuasan pelanggan ditinjau dari kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) pada Kopi Kenangan cabang Rs. Mayapada Lebak Bulus baik secara sebagian dan keseluruhan. Adapun metode Penelitian yang dipilih adalah deskriptif kuantitatif dan yang dijadikan populasi adalah konsumen yang mengkonsumsi kopi kenangan dengan jumlah populasi sebanyak 11.922 orang di tahun 2020 dan sampel dengan total 99 responden dengan tehnik pengambilan sampel secara insidental. Sumber data primer dari penyebaran angket/kuesioner dan uji data yang dipakai adalah analisis instrument,analisis pengaruh, analisis hubungan, analisis regresi dan determinasi. Didapatkan hasil kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variable kualitas pelayanan dan produk secara Sebagian dan keseluruhan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,395>1,984) dan (7,359>1,984) dan nilai sig kurang dari 0,05 nilai Fhitung lebih besar dari F tabel (46,833 > 3,09). Untuk uji hubungan didapatkan hasil tingkat hubungan yang kuat (0,703) dan uji determinasi menunjukkan hasil bahwa variable kualitas pelayanan dan produk berkontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 49,4% dan 50,6% ada variabel lainnya.
References
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta:PenerbitAswaja Pressindo.
Algifari, (2017). Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. BPFE UGM, Yogyakarta.
Arianto, N., & Muhfany, A. A. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 50-59.
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98-107.
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanapi, A., & Arianto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Cv Rj Depok. JURNAL ILMIAH SWARA MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 1(01), 97-112.
Kotler, dan Amstrong. (2015). Principles of Marketing Fifteenth Edition.
Kotler, dan Keller. (2016). Marketing Management,15th Edition. New Jersey:P Pearson Pretice Hall, Inc.
Manap, H. Abdul (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Priansa dan Hasan. (2017). Strategi Pemasaran, Marketing, dan Kasus- Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan Kedua. Penerbit CAPS : Yogyakarta.
Snggih Santoso, (2017). Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sudjana, (2016). Metode Statiska. Bandung: PT. Tarsido Bandung.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Faroh, Nurul, Wahyu dan Ariyati, Ariyati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Dwi Daya Citratama Cargo. Jurnal Universitas Pamulang. 2(1).
Rahayu, Suharni dan Setyawarti, Sarah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Pln Tegal Kota. Jurnal Universitas Pamulang. 2(1).
Haryoko, Ugeng, Budi dan Dina, Rahma. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Donatur pada Yayasan Yatim Indonesia cabang Graha Raya Bintaro. Jurnal Universitas Pamulang. 2(3).
Lesmana, Rosa dan Ayu, Dara, Suci. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Technology and Inovation. Jurnal Universitas Pamulang. 2(3).
Martoyo, Anang dan Mahardika, Fajar. (2020). Pengaruh Promosi dan Distribusi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Tiga Serangkai Internasional cabang Bandung. Jurnal Universitas Pamulang. 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).