UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PENUMPANG OJEK ONLINE MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF YANG DITAWARKAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p101-111Keywords:
Kualitas Pelayanan, Tarif, KepuasanAbstract
Dasar dari analisis ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen pengguna ojek online, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan aplikasi ojek online dan sampel yang diperoleh adalah delapan puluh empat responden sedangkan teknik analisis informasi menggunakan analisis multivariat dan pengujian hipotesis, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan tarif memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial.
References
Amstrong, K. d. (2014). Principles of Marketin, 12th. Jakarta: Erlangga.
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.
Arianto, N., & Muhfany, A. A. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 50-59.
Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 202-216.
Barata, A. (2014). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. ElexMedia Komputindo.
Bulan, T. P. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa Tengku. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 22-29.
Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Hanapi, A., & Arianto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Cv Rj Depok. JURNAL ILMIAH SWARA MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 1(01), 97-112.
Ratnasari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Salon Cantik. Jurnal KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang) , 12-25.
Saifuddin, A. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta:: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banding: Alfabeta.
Sunanto. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotik Sunfarma Tangerang Selatan. Inovasi, 15-25.
Tjiptonno, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Triputranto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-eleven. Jurnal Disrupsi, 1-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).