UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PENUMPANG OJEK ONLINE MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF YANG DITAWARKAN

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Lia Asmalah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p101-111

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Tarif, Kepuasan

Abstract

Dasar dari analisis ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen pengguna ojek online, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan aplikasi ojek online dan sampel yang diperoleh adalah delapan puluh empat responden sedangkan teknik analisis informasi menggunakan analisis multivariat dan pengujian hipotesis, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan tarif memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial.

References

Amstrong, K. d. (2014). Principles of Marketin, 12th. Jakarta: Erlangga.

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.

Arianto, N., & Muhfany, A. A. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 50-59.

Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 202-216.

Barata, A. (2014). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. ElexMedia Komputindo.

Bulan, T. P. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa Tengku. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 22-29.

Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Hanapi, A., & Arianto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Cv Rj Depok. JURNAL ILMIAH SWARA MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 1(01), 97-112.

Ratnasari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Salon Cantik. Jurnal KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang) , 12-25.

Saifuddin, A. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta:: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banding: Alfabeta.

Sunanto. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotik Sunfarma Tangerang Selatan. Inovasi, 15-25.

Tjiptonno, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Triputranto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-eleven. Jurnal Disrupsi, 1-17.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Arianto, N., & Asmalah, L. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PENUMPANG OJEK ONLINE MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF YANG DITAWARKAN. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(2), 101–111. https://doi.org/10.32493/jk.v9i2.y2021.p101-111

Issue

Section

Articles