Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Promosi, terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p1-12Keywords:
Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Loyalitas, PromosiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan penggunaan pendekatan kausalitas untuk melihat hubungan sebab dan akibat antar variable, dimana variable yang digunakana merupakan variable yang memberi pengaruh( independent) dan variable lainnya merupakan variable yang terpengaurh ( depedent), serta pelibatan variable intervening yakni sebuah variable yang memberikan pengaruh tidak langsung.
Penelitian ini meneliti E commerce Shopee food dengan variable harga, kualitas layanan, promosi yang memberikan pengaruh kepada kepuasaan konsumen dan loyalitas pelanggan. Sampel sejumlah 64 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisa jalur yang berguna mengetahui hubungan setiap variable yang ada.
Penelitian ini menggunakan Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif signifikan ketiga variable yakni harga, kualitas layanana dan promosi terhadap variable kepuasaan layanan dan loyalitas konsumen.
References
Akbar abualzam, Nurhaedah, S. (2021). Analisis Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di DD Kuliner Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions At DD Culinary. Economy Deposit Journal (E-DJ ), 3, 96–103.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2).
Desan Henriawan. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada bpr hambangun artha selaras tulungagung. Manajemen, 1(1), 1–20.
Dewi, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43–55.
Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1–8.
Fifin Anggraini, A. B. (2020). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN GOJEK. JUPE, 08, 86–94.
Inten Surya Utami, I., & Jatra, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7), 252117.
Kiswanto, K., Pudyaningsih, A. R., & Akramiah, N. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Talas. Jurnal EMA, 4(1), 25–39. https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.34
Nalendra, Aloysius, R. A. all. (2021). STATISTIKA SERI DASAR DENGAN SPSS. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Nalendra, A. R. A., Givan, B., & Sari, I. (2021). Monograf Manajemen Layanan Publik. Media Sains Indonesia.
Nalendra, A. R. A., Winarno, S. H., Priadi, A., Hermawan, E., Purnomo, M. W., & Putra, A. S. (2021). The Effect OfGoods Prices And Buyer Trust On The E-Commerce Sales System For Purchasing Goods Online. International Journal of Science, Technology & Management, 2(3), 561–567.
Nalendra, A. R. A., Winarno, S. H., Susanti, I. D., & Latumahina, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Produksi Tiongkok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Ksus HP Android Xiaomi). Jurnal Mitra Manajemen, 3(12), 1171–1181. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69
Permono, V. R., & Pasharibu, Y. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA HUT. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1), 129–135.
Prativi, Y. P., Dewi, D. M., & Chairia. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Purba, M. I., & Ginting, K. E. N. (2018). Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 63. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1869
Purba, T., Manajemen, P. S., & Batam, U. P. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
Ramaz, P. T. D., Mandiri, P., & Jaka, D. I. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. D’Ramaz Putra Mandiri Di Jakarta. Jakarta: Media Manajemen Jasa, I(1), 1–94.
Rangga, A., Nalendra, A., Winarno, S. H., & Priadi, A. (2021). Analisa Ipa Dan Csi Terhadap Kepuasaan Konsumen E- Commerce Di Era Pandemi Covid 19 Ipa and Csi Analysis on E-Commerce Consumer Satisfaction in the Covid-19 Pandemic Era. 17(3), 375–390.
Rangga Naviul Wafi. (2021). E-Conomy SEA 2021: Ekonomi Digital Indonesia Tembus Rp1.000 Triliun. Tech Asia. https://id.techinasia.com/gmv-ekonomi-digital-indonesia-diperkirakan-mencapai-rp1-000-triliun
Sanjaya, U., & Prasatyo, K. W. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Penonton untuk Menonton Film. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI, 18(1), 103–108.
Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2).
Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus: Pelanggan. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2, 6. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/127/56
Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 247–254.
Wahyunanda Kusuma Pertiwi. (2021, January 14). Gojek dan Grab Harap Waspada, ShopeeFood Siap Ekspansi di Indonesia Halaman all - Kompas.com. Kompas Online. https://tekno.kompas.com/read/2021/01/14/09410017/gojek-dan-grab-harap-waspada-shopeefood-siap-ekspansi-di-indonesia?page=all#page3
Widyastuti, Y., & Wahyuati, A. (2014). Analisis pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(6), 1–21.
Winarno, S. H., Nalendra, A. R. A., & Givan, B. (2020). The Effect of Service Quality, Corporate Image, and Price Perceived in Creating Customer Satisfaction and Loyalty on Education Business. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.15408/ess.v10i1.14468
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168–172.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).