Peran Brand Reputation Dalam Mempengaruhi Movie Consumers’ Willingness Dengan Release Strategy Sebagai Moderator

Authors

  • Rahmi Amalia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dede Jajang Suyaman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p%25p

Keywords:

Reputasi Merek, Kerelaan Konsumen, Strategi Rilis, MD Pictures, Film

Abstract

Sejarah industri perfilman Indonesia yang sempat mengalami naik-turun memberikan keunikan tersendiri bagi memori pelaku industri perfilman. Sebuah rumah produksi bernama MD Pictures pada tahun 2018 memberikan perubahan berarti dengan mencatatkan saham mereka di Bursa Efek Indonesia, di mana untuk pertama kalinya industri perfilman terbuka kepada masyarakat. Menjadi pelopor dengan reputasi baik seharusnya menjadikan masyarakat lebih rela mengonsumsi produk buatan mereka. Namun ternyata, data menunjukkan bahwa MD Pictures belum bisa mengalahkan salah satu pesaingnya untuk menduduki peringkat pertama box office. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand reputation terhadap consumer willingness secara langsung dan juga pengaruh brand reputation terhadap consumer willingness jika dimoderasi oleh release strategy. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner daring kepada 183 sampel responden konsumen yang pernah menonton film produksi MD Pictures di bioskop. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, uji regresi sederhana, serta uji regresi moderasi yang diolah menggunakan program IBM SPSS 25. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa brand reputation memberikan pengaruh negatif terhadap consumer willingness secara langsung, namun berpengaruh positif sebesar 47,5% jika dimoderasi oleh release strategy.

Author Biographies

Rahmi Amalia, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ekonomi

Dede Jajang Suyaman, Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ekonomi

References

Agustina, R. D. (2015). Pengaruh Brand Luxury, Brand Awareness Dan Product Quality Terhadap Consumer Willingness To Pay (Studi Pada Konsumen Iphone Di Kota Malang). Universitas Brawijaya.

Cabral, Luis, & Natividad, G. (2016). Boxâ€office demand: The importance of being# 1. The Journal of Industrial Economics, 64(2), 277–294.

Cabral, Luís, & Natividad, G. (2020). Movie release strategy: Theory and evidence from international distribution. Journal of Economics & Management Strategy, 29(2), 276–288.

Chandrasekaran, D., Srinivasan, R., & Sihi, D. (2018). Effects of offline ad content on online brand search: Insights from super bowl advertising. Journal of the Academy of Marketing Science, 46(3), 403–430.

Chen, X., Chen, Y., & Weinberg, C. B. (2013). Learning about movies: The impact of movie release types on the nationwide box office. Journal of Cultural Economics, 37(3), 359–386. https://doi.org/doi.org/10.1007/s10824-012-9189-z

Farida, N. (2018). Pengaruh Reputasi Merek, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention Koperasi Serba Usaha (Ksu) Apikri (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Kerajinan Ksu Apikri Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 18–26.

Husni, M., Sugiyanto, D. R., & Nurnisya, F. (2017). Reputasi yang Berkarakter (A. Wikan (ed.); 1st ed.). PT Media Piar Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Lee, Y., Kim, S.-H., & Cha, K. C. (2021). Impact of online information on the diffusion of movies: Focusing on cultural differences. Journal of Business Research, 130, 603–609. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.08.044

Liu, T., Ding, X., Chen, Y., Chen, H., & Guo, M. (2016). Predicting movie box-office revenues by exploiting large-scale social media content. Multimedia Tools and Applications, 75(3), 1509–1528.

Miller, K. W., & Mills, M. K. (2012). Contributing clarity by examining brand luxury in the fashion market. Journal of Business Research, 65(10), 1471–1479.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.); Revisi). Zifatama Publishing.

Six, M. (2018). Release Strategies in the Movie Industry. Universiteit van Amsterdam.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (2nd ed.). CV ALFABETA.

Sun, L., Zhai, X., & Yang, H. (2020). Event marketing, movie consumers’ willingness and box office revenue. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Susanti, A., Warso, M. M., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Layanan, Reputation, Preference dan Word of Mouth terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada PT. Ntronik Lintas Nusantara, Semarang). Journal Of Management, 2(2).

Wijiharjono, N. (2017). Kajian perkembangan penelitian pemasaran film.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Amalia, R., & Suyaman, D. J. (2022). Peran Brand Reputation Dalam Mempengaruhi Movie Consumers’ Willingness Dengan Release Strategy Sebagai Moderator. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(1), 109–126. https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p%p

Issue

Section

Articles