Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Alfamart Cabang Setiabudi Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p%25pKeywords:
Service Quality, Promotion, Consumer SatisfactionAbstract
The results showed that partially the service quality variable had a significant effect on consumer satisfaction by showing the results of the t-test = 6.450 while t-table = 1.98498 (tcount > ttable) with a significance level of 0.000. Partially, the Promotion variable has a significant effect on Consumer Satisfaction by showing the results of tcount = 2,343 while ttable = 1,98498 (tcount > ttable) with a significance level of 0.000. Simultaneously, the variables of Service Quality and Promotion have a significant effect on customer satisfaction by showing Fcount = 50,612 which is greater than Ftable = 3.09 with a significance of 0.0000. So it can be said that Service Quality and Promotion simultaneously have a significant effect on Consumer Satisfaction at the Alfamart Store, Setiabudi Pamulang Branch. The coefficient of determination obtained is 0.513, it can be concluded that Service Quality (X1) and Promotion (X2) have an effect on Consumer Satisfaction (Y) by 51.30% while the remaining 48.70% is influenced by other factors not tested in this study.
References
Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing
Akbar, Purnomo Setiady Dan Husaini Usman. 2012. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Anang Firmansyah, Dan Budi W. 2018 Mahardika, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Deepublish
Anwar, Saifuddin (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada
Cholid, Idham. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Tiket Garuda Di Pt.Totogasono Sekawan Samarinda Tahun 2016). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Vol.12 No.1 Januari 2018 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Faradina, Anisa Dan Budhi Satrio. 2016. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. 5 (7) : 1-18.
Firmansyah, Farid, Dan Rudy Haryanto. Manajemen Kualitas Jasa: Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.
G.R. Terry Dalam R.Supomo Dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu S.P.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. Pt Raja Grafindo Persada. Depok
Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.
Kotler, Philip And Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2018. Principles Of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Laksana. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediatama. Depok.
Mauludin, H. 2010. Marketing Reaserch: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Munarsih, (2019). Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.
Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Nurhadi. 2018. Analisis Promosi Terhadap Tingkat Pelayanan Kasir Supermarket Ramayana Cikupa Tangerang. Jurnal Moneter, V(1), 1–7.
Rambat Lupiyoadi (2018) Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.
Robbins, Stephen P. And Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.
Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi
Sugiyono (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Cv Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik. Yogyakarta: Andi Offset.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).