KEPUTUSAN PEMILIHAN PASIEN DITINJAU DARI FASILITAS KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK BEDAH VASCULER DI RUMAH SAKIT PREMIER BINTARO TANGERANG SELATAN

Authors

  • Erlita Kurniawaty Universitas Pamulang
  • Subarto Subarto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v10i2.y2022.p160-168

Keywords:

Fasilitas Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Keputusan pemilihan pasien

Abstract

Adapun tujuan penelitian adalah menganalisis adakah keputusan pemilihan pasien ditinjau berdasarkan fasilitas kesehatan & kualitas-pelayanan pada Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan baik secara sebagian dan keseluruhan. Adapun metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah pasien  yang berobat disana sebanyak 1279 orang di tahun 2021 dan sampel sebanyak 93 orang dengan tehnik pengambilan sampel secara acak. Untuk data primer dari angket/kuesioner yang diedarkan dan uji data yang dipakai adalah analisis instrument,analisis pengaruh, analisis hubungan, analisis regresi dan determinasi. Didapatkan laporan keputusan pemilihan pasien dipengaruhi oleh variable fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan secara sebagian dan keseluruhan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,406>1,986) dan (7,594>1,986) dan nilai sig kurang dari 0,05 nilai Fhitung lebih besar dari F tabel (52,361 > 3,10). Untuk uji hubungan didapatkan hasil tingkat hubungan yang kuat (0,733) dan uji determinasi menunjukkan hasil bahwa variable fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan berkontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 53,8% dan 46,2% ada variabel lainnya.

References

Achmad Solihin, 2016. Pemograman Web dengan PHP dan Mysql. jakarta: Budi Luhur.

Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip., & Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing, 17 th Edition, Pearson.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14 th Edition, Pearson, New Jersey.

Malayu S.P Hasibuan, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Priansa, Doni. Juni, 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta

Siswanto, H.B. 2014. Pengantar Manajemen. Jakarta. PT Bumi Aksara

Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni dan Soprihanto. 2012. Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan. edisi 5. Yogyakarta: Liberty

Sunyoto,Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru

Sunyoto,Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tjiptono,Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono,Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Tjiptono,Fandy. 2014. Bauran Pemasaran Jasa, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.

JURNAL

Anisia Fristi Bellia , dll, pengaruh harga dan fasilitas terhadap keputusan menginap tamu di hotel best western premier the hive Jakarta Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol.4 (No. 1): 1 - 85. Th. 2019 ISSN: 2442- 5222 e-ISSN: 2655-8165

Budiwati, H. (2012). Implementasi marketing mix dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk unggulan keripik pisang Agung di Kabupaten Lumajang. WIGA: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 2(2), 36622

Dewi, Kadek Iin Listyana,dll pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna bpjs kesehatan di kota singaraja Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 2, Oktober 2019 P-ISSN: 2476-8782

Firmansyah Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau jurnal samudra ekonomi dan bisnis, vol 10, no 1 januari 2019 p-issn 2089-1989 e-issn 2614-1523

Kurniawaty ,Erlita analisis keputusan pembelian konsumen ditinjau dari promosi dan harga pada beras organik cv berkah maju makmur tangerang selatan, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 9, No.1, Juni 2021

Maulidi,Ali Disertasi pengaruh kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri cab Tulung agung (2018) UIN Sunan Ampel

Puspita, Lydia , Endang M. Sasmita pengaruh lokasi, citra rumah sakit, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih rsud pasar minggu Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 Bulan Juli 2020

Saputra ,Angga Adi Saputra Pengaruh Fasilitasdan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Klinik Rawat Inap Kartika Kediri Universitas Islam Kadiri Jurnal Manajemen dan Kewirausahaa JMK 3 (2) 2018, 72-89 ISSN 2477-3166

Sunardi, Pengarug strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BJB Syariah cabang Tangerang jurnal ekonomi dan bisnis 2012

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Kurniawaty, E., & Subarto, S. (2022). KEPUTUSAN PEMILIHAN PASIEN DITINJAU DARI FASILITAS KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK BEDAH VASCULER DI RUMAH SAKIT PREMIER BINTARO TANGERANG SELATAN. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(2), 160–168. https://doi.org/10.32493/jk.v10i2.y2022.p160-168

Issue

Section

Articles