KEPUTUSAN PEMILIHAN PASIEN DITINJAU DARI FASILITAS KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK BEDAH VASCULER DI RUMAH SAKIT PREMIER BINTARO TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v10i2.y2022.p160-168Keywords:
Fasilitas Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Keputusan pemilihan pasienAbstract
Adapun tujuan penelitian adalah menganalisis adakah keputusan pemilihan pasien ditinjau berdasarkan fasilitas kesehatan & kualitas-pelayanan pada Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan baik secara sebagian dan keseluruhan. Adapun metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah pasien yang berobat disana sebanyak 1279 orang di tahun 2021 dan sampel sebanyak 93 orang dengan tehnik pengambilan sampel secara acak. Untuk data primer dari angket/kuesioner yang diedarkan dan uji data yang dipakai adalah analisis instrument,analisis pengaruh, analisis hubungan, analisis regresi dan determinasi. Didapatkan laporan keputusan pemilihan pasien dipengaruhi oleh variable fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan secara sebagian dan keseluruhan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,406>1,986) dan (7,594>1,986) dan nilai sig kurang dari 0,05 nilai Fhitung lebih besar dari F tabel (52,361 > 3,10). Untuk uji hubungan didapatkan hasil tingkat hubungan yang kuat (0,733) dan uji determinasi menunjukkan hasil bahwa variable fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan berkontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 53,8% dan 46,2% ada variabel lainnya.
References
Achmad Solihin, 2016. Pemograman Web dengan PHP dan Mysql. jakarta: Budi Luhur.
Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Alfabeta, Bandung.
Kotler, Philip., & Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing, 17 th Edition, Pearson.
Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14 th Edition, Pearson, New Jersey.
Malayu S.P Hasibuan, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara
Priansa, Doni. Juni, 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta
Siswanto, H.B. 2014. Pengantar Manajemen. Jakarta. PT Bumi Aksara
Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni dan Soprihanto. 2012. Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan. edisi 5. Yogyakarta: Liberty
Sunyoto,Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Sunyoto,Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Tjiptono,Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono,Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi
Tjiptono,Fandy. 2014. Bauran Pemasaran Jasa, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.
JURNAL
Anisia Fristi Bellia , dll, pengaruh harga dan fasilitas terhadap keputusan menginap tamu di hotel best western premier the hive Jakarta Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol.4 (No. 1): 1 - 85. Th. 2019 ISSN: 2442- 5222 e-ISSN: 2655-8165
Budiwati, H. (2012). Implementasi marketing mix dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk unggulan keripik pisang Agung di Kabupaten Lumajang. WIGA: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 2(2), 36622
Dewi, Kadek Iin Listyana,dll pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna bpjs kesehatan di kota singaraja Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 2, Oktober 2019 P-ISSN: 2476-8782
Firmansyah Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau jurnal samudra ekonomi dan bisnis, vol 10, no 1 januari 2019 p-issn 2089-1989 e-issn 2614-1523
Kurniawaty ,Erlita analisis keputusan pembelian konsumen ditinjau dari promosi dan harga pada beras organik cv berkah maju makmur tangerang selatan, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 9, No.1, Juni 2021
Maulidi,Ali Disertasi pengaruh kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri cab Tulung agung (2018) UIN Sunan Ampel
Puspita, Lydia , Endang M. Sasmita pengaruh lokasi, citra rumah sakit, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih rsud pasar minggu Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 Bulan Juli 2020
Saputra ,Angga Adi Saputra Pengaruh Fasilitasdan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Klinik Rawat Inap Kartika Kediri Universitas Islam Kadiri Jurnal Manajemen dan Kewirausahaa JMK 3 (2) 2018, 72-89 ISSN 2477-3166
Sunardi, Pengarug strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BJB Syariah cabang Tangerang jurnal ekonomi dan bisnis 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).