PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA OJEK ON-LINE GOJEK DI KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v7i1.y2019.p29-43Keywords:
Kualitas Pelayanan, Diskon, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ojek on-line Gojek online di Kota Tangerang Selatan, (2) pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian pengguna ojek on-line Gojek online di Kota Tangerang Selatan, dan (3) pengaruh kualitas layanan, dan diskon, terhadap keputusan pembelian pengguna ojek ojek on- line Gojek online di Kota Tangerang Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna ojek on-line Gojek di Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sebanyak 100 responden. Menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dan teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pengguna ojek online Gojek di Kota Tangerang Selatan, terbukti bahwa nilai t lebih kecil dari 0,05. (0,000 <0,05) dan t hitung 1,411> t tabel 1,985 (1,411> 1,985) atau berarti H01 ditolak dan Ha1 diterima, ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. (2) terdapat pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian pengguna ojek on-line Gojek di Kota Tangerang Selatan, terbukti dengan nilai t lebih besar dari 0,00 (0,237> 0,05) dan t hitung 1,189
<t tabe l 1,985 atau berarti H02 diterima dan Ha2 ditolak, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara diskon terhadap keputusan pembelian. (3) terdapat pengaruh antara kualitas layanan, dan diskon secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pengguna ojek on-line Gojek online di Kota Tangerang Selatan, terbukti dengan nilai 0,001 <0,05 dan F hitung 6,942> F tabel 3,090 artinya H03 ditolak dan Ha1 diterima, (x1) kualitas layanan dan (x2) diskon memiliki pengaruh signifikan terhadap (y) keputusan pembelian.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan; Diskon; Keputusan PembelianDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).