Pengaruh Instagram Vloggers Terhadap Food Branding Dan Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v11i1.y2023.p51-59Keywords:
Pemasaran Digital, Food Vlogger, Instagram, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Teknologi yang terus berkembang mendorong pelaku usaha untuk mulai melakukan pemasaran produk secara digital di sosial media. Salah satu contohnya adalah konten ulasan suatu produk makanan oleh food vlogger di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari vlog terhadap branding suatu produk makanan dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 423 responden sebagai sampel. Data primer yang terkumpul dianalisis menggunakan SEM dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunikan konten dan keterampilan vlogger mempunyai pengaruh yang besar terhadap branding produk makanan dan juga keputusan pembelian konsumen. Hasil tersebut dapat menjadi kontribusi terhadap vlogger dan pelaku usaha khususnya di kota Batam dalam melakukan pemasaran digital di sosial media InstagramReferences
Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57–71. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365
Fakhira, N. V., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2022). Peran Influencer Pada Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Frutivez. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1220–1238. https://doi.org/10.25157/ma.v8i2.7907
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Jesllyn, D., Wibisono, D. A., Shahreza, M. S., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). The Effect of Food Vlogger ’ s Attribute on Purchasing Intention of Culinary Product in Jakarta , Bogor , Depok , Tangerang and Bekasi. 7(9), 37–47. https://doi.org/10.53555/eijbms.v7i3.123
Latifah, U., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Era Digital Umi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 2(1), 1029–1033.
Lestari, A. D. (2019). Video Blogging (Vlogging) Sebagai Bentuk Presentasi Diri. Jurnal Signal, 7(1), 39–40. https://doi.org/10.33603/signal.v7i1.2010
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–13.
Liling, J. R., Lyawati, M., Lim, S., Lim, T., & Jiang, K. (2022). Pengaruh YouTube Vloggers terhadap Food Branding. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(1), 107–117. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.20848
Rifai, D., Fitri, S., & Ramadhan, I. N. (2022). Perkembangan Ekonomi Digital Mengenai Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 49–52. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i1.752
Saputri, S. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Among Makarti, 15(1), 65–76. https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.243
Subandi, Tarigan, N. L. L., Wahyujatmiko, R. S., & Wahyuni, Y. (2022). Pengaruh Atribut Food Vlogger Terhadap Niat Beli. Jurnal Optimal, 19(2), 27–36.
Supriyono. (2020). Media Sosial Sebagai Alat Promosi Yang Efektif Bagi Usaha Rintisan di Era Normal Baru. Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), 53–61.
Tarihoran, J. E., Mardiani, M. I., Putri, N. D., Novareila, R. S., Sofia, A., & Prawira, I. F. A. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kreatif, 9(1), 72–78. https://doi.org/10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78
Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87.
Vita, B., Deitiana, T., & Ruswidiono, W. (2021). The Online Marketing of Indonesian Street Food in Jakarta. Cogent Business and Management, 8(1), 1996215. https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1996215
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).