Determinan Keputusan Konsumen Membeli Kopi Di Kedai Kopi Serta Implikasi Nya Terhadap Omzet Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v11i1.y2023.p82-92Keywords:
Kualitas produk, harga, keputusan, omzet penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga terhadap keputusan dan keputusan terhadap omzet penjualan serrta pengaruh kualitas produk, harga terhadap omzet penjualan dan kualitas produk terhadap omzet penjualan melalui keputusan serta harga terhadap omzet penjualan melalui keputusan. Tekinik analisis data dengan menggunakan uji instrumen yang terdiri dari Validitas dan Uji Reliabilitas sedangkan untuk uji Hipotesis dan Model peneliti menggunakan Uji Path Coefficient (Nilai R-square), Goodness of Fit Model (GoF), Nilai Relevansi Prediktif (Q2), Analisis Model Struktural. Dari hasil penelitian kualitas produk, harga memiliki pengaruh terhadap keputusan, keputusan memiliki pengaruh terhadap omzet penjualan serta kualitas produk , harga memiliki pengruh terhadap omzet penjualan dan keputusan dapat menjadi variabel interveningReferences
Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka, 457.
Arianto, N., & Albani, A. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 1(3), 1-14.
Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194-203.
Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145-160.
Garson, G. D. (2016). Path analysis. Asheboro, NC: Statistical Associates Publishing.
Hartanto, A., & Saputro, E. P. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Onsight Outdoor Equipment Solo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Jannah, M., Nugroho, S. S., & Gitosudarmo, I. (2019). Peran Keterlibatan Produk Dalam Memoderasi Hubungan Antara Kualitas Layanan Daring Terhadap Kepuasan Daring. Buletin Studi Ekonomi. Vol, 24(2).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Marbun, M., Yona, M., & Ariyati, Y. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Cipta Group Kota Batam (Studi Kasus Pada Perumahan Buana Bukit Permata di Batam). BENING, 3(2).
Mokalu, F. O., & Tumbel, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).
Noviyanti, E., & Suprajang, S. E. (2015). Strategi pemasaran guna meningkatkan volume penjualan dan keputusan pembelian pada UD. Prima Tulungagung. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1).
Pristyo, M. (2013). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Eka Jaya Di Surabaya. e-Jurnal Kewirausahaan, 1(1).
Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 2(2), 445-458.
Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). “Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Cv Yoshiko Bogorâ€(Studi Kasus Sepatu Hak Tinggi Kode Hm. 04). Inovator, 2(1).
Royani, F., Chaniago, M., & Pangestu, G. (2021). Parenting Rights After Divorce Positive Legal Perspectives and Islamic Law (Study of Lawang Agung Village, Kedurang District, South Bengkulu). Jurnal Hukum Sehasen, 7(1), 17-22.
Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1171-1184.
Setiati, G., Santosa, I., & Syarief, A. (2015). Gender dan place attachment pada coffee shop di Bandung (Studi kasus roemah kopi). Jurnal Sosioteknologi, 14(3), 298-310.
Soehardi, S. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 353-360.
Sugiyono, S. (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D., Tjahjono, H. K., El Qodric, Z. M., Prajogo, W., & Hadi, S. (2021). Group Engagement Based On Social Exchange Theory: Antecedents And Consequences. Journal of Leadership in Organizations, 3(1).
Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang.
Swastha, B. (2005). Menejemen Pemasaran Modern.
Swastha, Basu, 2016, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2).
Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216-226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).