Strategi Penguatan Komitmen Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan Jasa Perusahaan Repair And Maintenance Ship Pt Multi Persada Sejahtera

Authors

  • Arya Widiatmaja Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Prapti Utami Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v11i2.y2023.p163-172

Keywords:

Kata Kunci, Komitmen, Mutu Pelayanan, Jasa, Organisasi, Shipping,

Abstract

Abstrak

Komitmen organisasi mendorong karyawan untuk tetap mempertahankan kinerja dari pekerjaannya. Karyawan yang memiliki komitmen yang tinggi cenderung menunjukan kualitas yang baik terhadap perusahaan, dalam bekerja juga menunjukan totalitas yang tinggi terhadap perusahaan sehingga turnover pada perusahaan menjadi rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, komitmen dan pelayanan yang terjadi di sebuah organisasi yang mempengaruhi dari mutu pelayanan suatu instansi. Metode yang digunakan merupakan penelitian penjelasan (Explanatory research) yang akan membuktikan  hubungan kausal antara variabel bebas(independent variable) serta  penelitian  korelasional,  yaitu  penelitian  yang  berusaha  untuk melihat  apakah  antara  dua  variabel  atau  lebih  memiliki  hubungan  atau  tidak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya keterhubungan yang saling berkaitan antara strategi, komitmen dan pelayanan terhadap mutu pelayanan pada bidang repair and maintenance on ship di PT MULTI PERSADA SEJAHTERA dengan membuat rencana operasional memuat langkah-langkah (taktik) dan kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan. Peningkatan mutu pelayanan adalah derajat memberikan pelayanan secara efisien dan efektif sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan yang dilaksanakan secara menyeluruh

Author Biographies

Arya Widiatmaja, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Prapti Utami, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

References

Allen, N., & J.P., M. (1991). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organizational. . Journal of Occupational Psychology, 63 (1): 1-18.

Allen, N., & Meyer, J. (1990). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance, and Normative Commitment to the Organization. Journal of Occupational Psychology, 63, 1-18.

Ardharn, K., & Panjakajornsak, V. (2018). Structural equation model to assess the impact of learning organization and commitment on the performance of research organizations. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 457–462.

Chaterina, M., & Intan, R. (September 2012). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kerja Karyawan Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 19, No. 2, 170-187.

Cook, J., & Wall, T. (1980). New Work Attitude Measures of Trust, Organizational Commitment and Personal Need Non-Fulfilment. Journal of Occupational Psychology, 53, 39-52.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (1999). Metodologi Penelitian dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Jadongan, S. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi dan Kenginan untuk Pindah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 19, No. 3.

Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta: Yogyakarta Cahaya Atma Pustaka.

Meyer, J. P., Allen, N., & Gellatly, I. (1990). Affective and continuance commitment to the organization: Evaluation of measures and analysis of concurrent and time-lagged relations. Journal of Applied Psychology, 75, 710-720.

Mooday, R., Porter, L., & Steer, R. (1998). Measures of Work Commitment. Journal of Occupational Behavior, 139-145.

Oxford Learner's Pocket Dictionaries. (2010). Oxford Learner's Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press.

Ratminto, Winarsih, & Atik, S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Robbins, S. P. (2009). Manajemen, Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Jakarta : Indeks., 2009.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Widiatmaja, A., & Utami, P. (2024). Strategi Penguatan Komitmen Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan Jasa Perusahaan Repair And Maintenance Ship Pt Multi Persada Sejahtera. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 11(2), 163–172. https://doi.org/10.32493/jk.v11i2.y2023.p163-172

Issue

Section

Articles