Strategi Penguatan Komitmen Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan Jasa Perusahaan Repair And Maintenance Ship Pt Multi Persada Sejahtera
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v11i2.y2023.p163-172Keywords:
Kata Kunci, Komitmen, Mutu Pelayanan, Jasa, Organisasi, Shipping,Abstract
Abstrak
Komitmen organisasi mendorong karyawan untuk tetap mempertahankan kinerja dari pekerjaannya. Karyawan yang memiliki komitmen yang tinggi cenderung menunjukan kualitas yang baik terhadap perusahaan, dalam bekerja juga menunjukan totalitas yang tinggi terhadap perusahaan sehingga turnover pada perusahaan menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, komitmen dan pelayanan yang terjadi di sebuah organisasi yang mempengaruhi dari mutu pelayanan suatu instansi. Metode yang digunakan merupakan penelitian penjelasan (Explanatory research) yang akan membuktikan hubungan kausal antara variabel bebas(independent variable) serta penelitian korelasional, yaitu penelitian yang berusaha untuk melihat apakah antara dua variabel atau lebih memiliki hubungan atau tidak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya keterhubungan yang saling berkaitan antara strategi, komitmen dan pelayanan terhadap mutu pelayanan pada bidang repair and maintenance on ship di PT MULTI PERSADA SEJAHTERA dengan membuat rencana operasional memuat langkah-langkah (taktik) dan kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan. Peningkatan mutu pelayanan adalah derajat memberikan pelayanan secara efisien dan efektif sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan yang dilaksanakan secara menyeluruh
References
Allen, N., & J.P., M. (1991). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organizational. . Journal of Occupational Psychology, 63 (1): 1-18.
Allen, N., & Meyer, J. (1990). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance, and Normative Commitment to the Organization. Journal of Occupational Psychology, 63, 1-18.
Ardharn, K., & Panjakajornsak, V. (2018). Structural equation model to assess the impact of learning organization and commitment on the performance of research organizations. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 457–462.
Chaterina, M., & Intan, R. (September 2012). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kerja Karyawan Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 19, No. 2, 170-187.
Cook, J., & Wall, T. (1980). New Work Attitude Measures of Trust, Organizational Commitment and Personal Need Non-Fulfilment. Journal of Occupational Psychology, 53, 39-52.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (1999). Metodologi Penelitian dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Jadongan, S. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi dan Kenginan untuk Pindah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 19, No. 3.
Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta: Yogyakarta Cahaya Atma Pustaka.
Meyer, J. P., Allen, N., & Gellatly, I. (1990). Affective and continuance commitment to the organization: Evaluation of measures and analysis of concurrent and time-lagged relations. Journal of Applied Psychology, 75, 710-720.
Mooday, R., Porter, L., & Steer, R. (1998). Measures of Work Commitment. Journal of Occupational Behavior, 139-145.
Oxford Learner's Pocket Dictionaries. (2010). Oxford Learner's Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press.
Ratminto, Winarsih, & Atik, S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Robbins, S. P. (2009). Manajemen, Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Jakarta : Indeks., 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).