PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI TELEVISI DAN CITRA MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA TENGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58Keywords:
citra merek, perilaku konsumtif, terpaan iklanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terpaan iklan shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif remaja kota tangerang selatan.
Metode Penelitian ini survei kuantitatif dengan paradigma positivme. Subjek penelitian ini adalah remaja kota tengerang selatan yang berumur 18 hingga 22 tahun, dengan jumlah sampel 400 orang responden berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Terpaan Media (Media Exposure) Dan menggunakan Teori SOR asumsi dasar teori ini adalah media massa menimbulkan efek yang terarah dan reaksi khusus langsung kepada kemunikan.
Hasil dari penelitian ini merumuskan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif di kalangan remaja Kota Tangerang Selatan, dengan kata lain terpaan iklan dapat memengaruhi pembelian implusif, pemborosan, dan pembelian tidak rasional yang merupakan faktor dari perilaku konsumtif. Sedangkan uji F, terpaan iklan secara parsial hanya variabel intensitas menonton saja yang berpengaruh positif dan signitifikan. kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, Korelasi Determinasi menunjukkan tingkat pengaruh yang cukup erat pada terpaan iklan 66,2% terhadap perilaku konsumtif sedangkan sisanya sebanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : citra merek, perilaku konsumtif, terpaan iklan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).