PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI TELEVISI DAN CITRA MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA TENGERANG SELATAN

Authors

  • Farahdilla Emia, M.Ravii Marwan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58

Keywords:

citra merek, perilaku konsumtif, terpaan iklan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terpaan iklan shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif remaja kota tangerang selatan.

Metode Penelitian ini survei kuantitatif dengan paradigma positivme. Subjek penelitian ini adalah remaja kota tengerang selatan yang berumur 18 hingga 22 tahun, dengan jumlah sampel 400 orang responden berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Terpaan Media (Media Exposure) Dan menggunakan Teori SOR asumsi dasar teori ini adalah media massa menimbulkan efek yang terarah dan reaksi khusus langsung kepada kemunikan.

Hasil dari penelitian ini merumuskan Ha diterima,  artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan  iklan shopee di televisi dan citra merek terhadap perilaku konsumtif di kalangan remaja Kota Tangerang Selatan, dengan kata lain terpaan iklan dapat memengaruhi pembelian  implusif, pemborosan, dan pembelian tidak rasional yang merupakan faktor dari perilaku konsumtif. Sedangkan uji F, terpaan iklan secara parsial hanya variabel intensitas menonton saja yang berpengaruh positif dan signitifikan. kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, Korelasi Determinasi menunjukkan tingkat pengaruh yang cukup erat pada terpaan iklan 66,2% terhadap perilaku konsumtif sedangkan sisanya sebanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci : citra merek, perilaku konsumtif, terpaan iklan

 

Downloads

Published

2020-01-04

How to Cite

M.Ravii Marwan, F. E. (2020). PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI TELEVISI DAN CITRA MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA KOTA TENGERANG SELATAN. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(2), 52–58. https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58

Issue

Section

Articles