Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa pada Shoespa Cabang Pamulang Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v12i1.y2024.p10-18Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PenggunaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui apakah pilihan untuk memanfaatkan layanan di SHOESPA Cabang Pamulang Tangsel dipengaruhi, sebagian atau bersamaan, oleh harga dan kualitas layanan. Teknik asosiatif digunakan dalam metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel probabilitas, juga dikenal sebagai pengambilan sampel acak sederhana, adalah metodologi pengambilan sampel yang digunakan. Rumus Slovin digunakan untuk menghitung sampel acak anggota populasi tanpa memperhitungkan strata dalam populasi tersebut. Analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta uji hipotesis semuanya digunakan dalam analisis data. Berdasarkan persamaan regresi Y = 3,911 + 0,683 X1 + 0,194 X2, hasil penelitian menjelaskan bahwa harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan besar terhadap pilihan penggunaan (Y). Besarnya pengaruh simultan koefisien determinasi sebesar 81,4%. Setelah menguji hipotesis secara parsial, diperoleh harga (19,812 > 1,985) atau thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak, namun H1 disetujui. Hal tersebut menjelaskan variabel independen harga (X1) dan keputusan penggunaan (Y) memiliki hubungan positif serta substansial. Angka kualitas pelayanan adalah 15.579 > 1.985 atau thitung > ttabel. Maka, H2 diterima dan H0 ditolak. Hal itu membuktikan Keputusan Penggunaan (Y) dipengaruhi oleh variabel independen Kualitas Pelayanan (X2). Uji hipotesis diperoleh nilai
References
Aini, K. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Online Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus di R.A Wedding Lamongan). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(2), 185–199.
Ariani, D.wahyu (2009), manajemen operasi jasa, Graha ilmu, yogyakarta.
Audina, R., & Murtani, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Laundry Syar’i (Studi Kasus Pada Konsumen Laundry Syar’i di Kota Medan). Jurnal FEB, 1(1), 367–376.
Boko, L. N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Potongan Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Mitra Solusindo Engineering (Studi Kasus Miniature Circuit Breaker (Mcb) Schneider. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2).
Cholid, N. A., & Utomo, S. B. (2023). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Karyawan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Daycare Di Lingkungan Kerja . Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(1).
D. W. Pratama, and S. B. Santoso, "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original," Diponegoro Journal of Management, vol. 7, no. 2, pp. 139-149, Jun. 2018.
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran,. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani. Firmansyah, A., & Mahardhika,, B. W. (2018). Pengantar Manajemen (1st ed., Vol. 363, Ser.1). CV. Budi Utama.
Hamonangan, F. I., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Study Kasus Pada Konsumen Simply Fresh Laundry di Tembalang, Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, 1–11.
Kaligis, J. N., & Rawung, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan dalam Menggunakan Jasa Laundry Tas dan Sepatu, Studi pada Bless Laundry Manado. Jurnal Mirai Management, 7(2), 283–290.
Landari, Y., Meitiana, & Karuehni, I. (2021). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Wash Up Laundry Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(1), 52–63.
Lestari, G. D., & Parjono. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Pulorejo Kota Mojokerto. Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.
MUKTI, A., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai kirani coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229– 246. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i1.163
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) , 9(1).
Nafisah, H., & Arifin, K. (2020). Pengaruh Promosi Berbasis Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Food Dan Beverages HNI HPAI (Studi Kasus Di Distributor Center Halalmart Jangkung Kecamatan Tanjung) . JAPB: Jurnal Administrasi Publik & Administrasi Bisnis, 3(2), 936–947.
Nurfi’ah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Maulana Laundry. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri.
Rustandi, D. P., & Sastika, W. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Brand Fashion Pull And Bear Di Bandung Tahun 2021. E- Proceeding of Applied Science, 7(6), 2523–2535.
Sholihah, D. R., & Wulansari, A. S. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Karyawan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Daycare Di Lingkungan Kerja. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika 4(2).
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan dalam memilih klub basket satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wibowo, & Priansa. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).