Analisis Preferensi Mengenai Minat Beli Pelanggan E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v12i1.y2024.p29-42Keywords:
Harga, Keragaman Produk, Kemudahan Penggunaan, Minat Beli KonsumenAbstract
Riset ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh harga, keragaman produk, dan kemudahan penggunaan platform terhadap minat belanja di e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal komparatif, yang bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan persepsi yang memengaruhi minat belanja konsumen dalam tiga generasi: generasi X, generasi Y, dan generasi Z. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling, fokus riset ini adalah pada konsumen Shopee di Kota Depok dengan jumlah responden sebanyak 96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, keragaman produk, dan kemudahan penggunaan platform memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belanja di e-commerce Shopee. Temuan menarik adalah setiap generasi memiliki faktor dominan yang memengaruhi minat belanja mereka. Generasi X cenderung dipengaruhi oleh faktor harga, sementara generasi Y lebih terpengaruh oleh kemudahan penggunaan platform, dan generasi Z cenderung dipengaruhi oleh keragaman produk
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda Suryadin, Fadilla, Z., Ardiawan, Ngurah, K., & Sari, Eka, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Amrudin, Priyanda, R., Agustina, S. T., Ariantini, S. N., Rusmayani, L. A. G. N., Aslindar, A. D., … Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Antaranews.com. (2023). BI: Transaksi e-commerce Oktober 2023 capai Rp42,2 triliun. Retrieved December 31, 2023, from https://antaranews.com/berita/3837582/bi-transaksi-e-commerce-oktober-2023-capai-rp422-triliun
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Bielińska-Dusza, E. (2022). The Motivation of Generations: What Drives Generation X, Y, Z? Journal of Human Resources Management Research, 2022.
Cnnindonesia.com. (2023). Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain. Retrieved December 31, 2023, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230626105528-97-966554/dominasi-pasar-e-commerce-shopee-unggul-dari-para-pemain-lain
Dataindonesia.id. (2023). Pengguna E-Commerce RI Diproyeksi Capai 196,47 Juta pada 2023. Retrieved December 31, 2023, from https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/pengguna-ecommerce-ri-diproyeksi-capai-19647-juta-pada-2023
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–26.
Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.
Katadata.co.id. (2023). Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat. Retrieved December 31, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/tren-pengunjung-e-commerce-kuartal-iii-2023-shopee-kian-melesat
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. Surabaya: CV. Mitra Abisatya.
Kusumatriawan, A. J. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing (SMM) Terhadap Kinerja Bisnis UMKM Batik Selama Pandemi Covid 19 Di Surakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Lahagu, D. B. H., Ndruru, L., & Karim, A. (2024). Pengaruh Iklan Citra Merek Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Online Pada PT Ramayana Teladan Cabang Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 761–781.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Paramitha, F., & Adrijanto, P. E. (2023). Adaptasi Perilaku Berbelanja Daring Generasi X Di Masa Pandemi. Jurnal Impresi Indonesia, 2(7), 622–635.
Poerwanto, F. V. (2023). Analisa Minat Beli Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Barang Bekas OLX. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 7(1), E29–E29.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staia Press.
Rodiah, S., & Melati, S. I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66–80.
Safitri, D. A., & Rachmi, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Zeeshop. OS Di Pasuruan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 179–185.
Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2023). The Influence Of Product Diversity And Quality Of Service On Customer Satisfaction On Customers Of PT BPR BKK Purwodadi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 924–933.
Selviyani, S. H., & Zurida, L. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Pengunjung Pusat Oleh Oleh Adrem Khas Sanden Bantul. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1233–1255.
Simanjuntak, W. M. B., Siagian, E. M., & Siregar, H. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Toko Sepatu Clinton Balige. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 5(2), 65–73.
Sitepu, K. K. R., & Sebayang, B. V. (2019). Metode Kuantitatif Untuk Manajemen. Bogor: CV. Sinar Jaya.
Sopingi, I., Haryanti, P., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Label Halal, Variasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Minat Beli. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).
Suhirman, & Yusuf. (2019). Penelitian Kuantitatif Sebuah Panduan Praktis. Mataram: CV. Sanabil.
Top Brand. (2023). Top Brand Index. Retrieved December 31, 2023, from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2023&type=brand&tbi_find=shopee
Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan Di Online Shop Beauty By Asame). Scriptura, 12(1), 58–71.
Wicaksono, R. S. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang: CV. Seribu Bintang.
Widana, W. I., & Muliani, L. P. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).