ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI KOSMETIK (CONSUMER GOODS) DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p%25pAbstract
Industri komestik di Indonesia sebenarnya telah mulai tumbuh sejak di masa penjajahan Belanda, Unilever adalah satu-satunya produsen kosmestik yang bertahan dan memilikai pangsa pasar paling besar di Indionesia. Kebutuhan/konsumsi produk kosmestik berikut turunannya akan berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan kemajuan peradaban yang semakin modern akan mendorong peningkatan konsumsi yang sangat luar biasa. Indonesia penduduk yang hampir 250 juta jiwa tentu merupakan pasar yang sangat menggiurkan bagi perusahaan besar, menengah maupun kecil baik domestik maupun asing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan perusahaan besar, menengah dan kecil bila dilihat dari pangsa pasar (market share) yang dikuasai, kinerja perusahaan dan aset yang dimiliki. Dengan model analisis HHI(Herfindahl – Hirchman index) akan diketahui struktur pasar yang riil terjadi. Kinerja perusahaan akan tercermin pada pemupukan/ perkembangan aset yang dimiliki. Peta kekuatan perusahaan kosmestik yang telah Go Publik adalah (1) PT/ Unilever Tbk (UNVR); (2) PT. Tempo Scan Pasific Tbk. (TSPC); (3) PT. PT. Tanco Indonesia Tbk (TCID); (4) PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan (5) Lainya (Others) merupakan perusahan menengah kecil dengan jumlah perusahaan tidak kurang dari 700 perusahaan. Dengan analisis HHI diketahui bahwa struktur pasar yang terjadi adalah Oligopoli Ketat (Tight Oligopoly), dimana HHI dari tahun ketahun meningkat dan besarnya lebih dari 1800 (> 1.800). Pangsa pasar Unilever semakin meningkat dan menjadi dominan diantara tiga besar , sementra Mustika Ratu sebagi pengikut (folower) pangasa pasarnya semakin terkikis oleh pendatang baru. Hal ini menunjukan bahwa harga pasar banyak ditentukan oleh ketiga perusahaan di atas yang menguasai total pangsa pasar lebih 75%. Ketiga perusahan selama lima tahun terakhir juga mengalami peningkatan aset yang cukup signifikan
Kata kunci: market share, HHI, kinerja perusahaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).