ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN JASA KONSULTAN PAJAK PT.BINA FISCAL INDONESIA)

Authors

  • Amthy Suraya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p%25p

Abstract

Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan melihat pertumbuhan perusahaan PT. Bina Fiscal Indonesia (PT. BFI) selama 4 tahun sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survey / descriptive research, yaitu penelitian yang hanya mengembangkan konsep dan menghimpun fakta tapi tidak menguji hipotesis. Penelitian deskriptif dengan analisa kuantitatif yang menggunakan variabel berupa rasio keuangan, kinerja keuangan, dan pertumbuhan perusahaan. Hasil analisis rasio keuangan yaitu secara umum kinerja keuangan PT. BFI berdasarkan analisis rasio keuangannya belum begitu baik. Dilihat dari rasio likuiditas, kinerja keuangan baik / likuid karena mengalami peningkatan sehingga kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek semakin meningkat namun terjadi penurunan pada tahun 2011. Rasio aktivitas, kinerja keuangan masih tidak mampu mengelola dengan baik piutang usaha yang belum tertagih karena dari tahun ke tahun semakin menurun terutama di tahun 2011. Rasio leverage, kinerja keuangan cukup baik karena mampu mengurangi hutang dalam pendanaan aktiva. Jika hutang meningkat maka besar kemungkinan perusahaan tersebut tidak akan mampu menutupi hutang dan perusahaan tersebut tidak akan dapat menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Rasio profitabilitas, kinerja keuangan kurang baik karena mengalami penurunan profit tiap tahunnya. Dan dari pos – pos laba rugi untuk mengetahui pertumbuhan perusahaan, PT. BFI masih belum stabil pertumbuhannya disebabkan oleh fluktuasi pos pendapatan, biaya operasi dan laba bersihnya.

 

Kata Kunci : Analisis Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan. 

Downloads

Published

2017-04-12

How to Cite

Suraya, A. (2017). ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN JASA KONSULTAN PAJAK PT.BINA FISCAL INDONESIA). KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2). https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p%p

Issue

Section

Articles