PENGARUH PENGGUNAAN E-TICKET TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PT. MATAHARI GRAHA FANTASI JAKARTA (TIMEZONE)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v1i2.y2014.p%25pAbstract
Dalam menghadapi era globalisasi, pola perkembangan teknologi begitu pesat yang serba canggih dan modern, tentu akan mempengaruhi pola kehidupan juga baik secara individual maupun organisasional untuk terus berubah dari waktu ke waktu. Hal inilah yang kemudian menjadi suatu tuntutan seiring gejolak persaingan yang semakin ketat terutama dalam dunia bisnis. Hampir semua lini manajemen perusahaan dengan tujuan jangka panjang, mengeluarkan biaya besar untuk membidik strategi jitu dalam upaya menciptakan berbagai keunggulan bersaing dan kompetitif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam kaitan dengan penelitian tentang e-ticket yang merupakan salah satu inovasi secara teknologi sudah seyogyanya perusahaan dalam hal ini Timezone dapat mengimplementasikannya secara proaktif berdasarkan sudut-pandang pelanggan, sebagai upaya memenuhi keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan. Dengan tujuan agar mampu menciptakan kepuasan konsumen dan menjadikan perusahaan senantiasa di benak konsumen, sebagai tempat dan pilihan konsumen untuk tetap bermain, mengeksplorasi kegemaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan besar pengaruh penggunaan e-ticket terhadap perilaku konsumen dalam bermain, mengeksplorasi kegemaran pada PT. Matahari Graha Fantasi (Timezone)-Jakarta. Penarikan sampel dengan teknik area sampling terhadap 100 responden yang tersebar pada 4 (empat) gerai timezone wilayah Jakarta dan Tangerang. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan metode analisis pengolahan data, menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi product moment (korelasi pearson), uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien korelasi (uji t). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensif parametrik dalam pengujian hipotesis asosiatif ini melalui uji korelasi product moment (korelasi pearson) dengan skala pengukuran interval, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan e-ticket terhadap perilaku konsumen dalam bermain, mengeksplorasi kegemaran. Besarnya pengaruh penggunaan e-ticket terhadap perilaku konsumen yang diperoleh sebesar 0,68 dengan tingkat hubungan yang kuat, maka besarnya sumbangan atau kontribusi penggunaan e-ticket terhadap perilaku konsumen diperoleh sebesar 46,24%.
Kata kunci: Penggunaan e-ticket terhadap perilaku konsumen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).