PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS IX MTS SAADATUL MAHABBAH PONDOK CABE PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v1i2.y2014.p%25pAbstract
Pengaruh Motivasi dan Minat Membaca Terhadap Prestasi siswa Kelas IX MTs. Saadatul Mahabbah Pondok Cabe Pamulang. Adapun Tujuannya untuk mengetahui fenomena dan memperoleh bukti empirik serta kesimpulan tentang Pengruh Motivasi dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Siswa Kelas IX MTs. Saadatul Mahabbah Pondok Cabe Pamulang, serta Implikasinya Terhadap Prestasi Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Saadatul Mahabbah Pondok Cabe Pamulang, dengan metode penelitian kuantitatif. Populasinya meliputi seluruh siswa MTs. Saadatul Mahabbah Pondok Cabe Pamulang kelas IX yang berjumlah 69 siswa, dan sampel diambil 69 siswa dengan teknik sensus. Sedang analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Terdapat pengaruh Motivasi dengan prestasi Siswa, dimana koefisien korelasi ry 1 = 47,60% para taraf signifikan 0,05 dan persamaan regresi Y= 29,404+0,833 X1,(2). Terdapat pengaruh positif signifikan antara minat membaca terhadap prestasi , dimana koefisien korelasi ry 2 = 53,40% para taraf signifikan 0,05 dan persamaan regresi Y= 22,334+0,969 X2. (3). Terdapat pengaruh positif Motivasi n minat membaca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Siswa, dimana koefisien korelasi jamak Ry12 = 59.30% pada taraf signifikan 0,05 dan persamaan regresi Y= 18,887+0,417 + 0,417 X1+ 0,644X2. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa pestasi dapat meningkat, apabila motivasi dan minat meningkat, dan sebaliknya.
Kata kunci: Motivasi dan Minat Membaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).