PENGARUH IKLAN, SIKAP PADA MEREK, DAN PELAYANAN KONSUMEN, TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA STP SAHID PONDOK CABE
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p%25pAbstract
Pengembangan industri pariwisata tidak lepas dari persoalan pendidikan pariwisata. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan pariwisata harus dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memenuhi standar internasional, sehingga bisa bersaing dan mengikuti perubahan pasar pariwisata dunia. Pariwisata pada dasarnya adalah bisnis yang tidak pernah mati. Prospek pendidikan tinggi pariwisata, termasuk perhotelan, sangat luar biasa. Dalam bidang pendidikan sekarang ini banyak sekali bermunculan lembaga-lembaga pendidikan swasta yang dikelola oleh badan usaha atau yayasan swasta. Lembaga pendidikan yang bermutu, membutuhkan biaya yang besar, karena harus menyediakan berbagai sarana dan prasarana belajar yang baik untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang terbaik. Hal ini juga dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2011. Jenis penelitian adalah survey dengan pendekatan analisis pengaruh. Responden dalam penelitian yaitu mahasiswa baru STP Sahid angkatan 2011-2012 yang ditentukan dengan rumus slovin di peroleh sebanyak 88 orang sebagai sampel penelitian. Tujuannya penelitian ini yaitu: mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang diukur secara parsial maupun secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid. Penelitian survey tanggapan ini dengan variabel iklan sikap pada merek, dan pelayanan konsumen sebagai variabel bebas serta keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid sebagai variabel terikat. Untuk mendapatkan data dari variabel penelitian tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Analisis untuk mengukur pengaruh dilakukan dengan bantuan program spss versi 18.00. Hal ini menunjukkan hubungan dan kontribusi yang cukup berarti antara iklan, sikap pada merek dan pelayanan konsumen terhadap keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid. Dengan demikian strategi pemasaran menggunakan iklan, peningkatan sikap pada merek dan peningkatan pelayanan konsumen secara simultan (bersama-sama) memberi kontribusi pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan yang dilakukan sendiri-sendiri (parsial).
Kata Kunci : Iklan, Sikap, Pelayanan, Keputusan menjadi mahasiswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).