PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. RIA BUSANA MARGONDA-DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p%25pAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan CV. Ria Busana Depok serta untuk mengetahui kepuasan pelanggan CV. Ria Busana Depok dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV. Ria Busana Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif hal ini dimaksudkan untuk menghitung dari angket data kualitas pelayanan yang diterima pelanggan sebagai variabel bebas (X) yang sudah diketahui dan menghitung angket data kepuasan pelanggan sebagai variabel tetap (Y) yang belum diketahui dari hasil angket yang disebarkan ke pelanggan, salah satu metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan model-model matematika dan statistik. Dengan mentabulasi perolehan kuesioner yang kemudian menggunakan analisis korelasi product moment, Validias, Reabilitas, Determinasi dan Uji Signifikansi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dan sudah diolah terlebih dahulu melalui korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai rxy determinasi sebesar 0,315 dengab korelasi determinasi sebesar 36,12% sedangkan 63,88% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari perhitungan uji keberartian Koefisien Korelasi (Uji-t) diperoleh nilai t hitung = 5,727 dan t tabel = 1,296. Ternyata t hitung> t tabel. Dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang kuat antara Kualitas pelayanan dan Kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil tanggapan responden yang diperoleh dalam penelitian maka dapat diketahui bahwa Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh CV. Ria Busana Depok telah dilaksanakan dengan baik sehingga kepuasan pelanggan semakin membaik. Kualitas pelayanan tersebut hendaknya dipertahankan oleh perusahaan agar kepuasan pelanggan tetap tinggi sehingga tujuan CV. Ria Busana Depok dan keinginan para pelanggan dapat tercapai dengan baik.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).