PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. RIA BUSANA MARGONDA-DEPOK

Authors

  • Udin Ahidin
  • Triyono .

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan CV. Ria Busana Depok serta untuk mengetahui kepuasan pelanggan CV. Ria Busana Depok dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV. Ria Busana Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif hal ini dimaksudkan untuk menghitung dari angket data kualitas pelayanan yang diterima pelanggan sebagai variabel bebas (X) yang sudah diketahui dan menghitung angket data kepuasan pelanggan sebagai variabel tetap (Y) yang belum diketahui dari hasil angket yang disebarkan ke pelanggan, salah satu metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan model-model matematika dan statistik. Dengan mentabulasi perolehan kuesioner yang kemudian menggunakan analisis korelasi product moment, Validias, Reabilitas, Determinasi dan Uji Signifikansi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dan sudah diolah terlebih dahulu melalui korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai rxy determinasi sebesar 0,315 dengab korelasi determinasi sebesar 36,12% sedangkan 63,88% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari perhitungan uji keberartian Koefisien Korelasi (Uji-t) diperoleh nilai t hitung = 5,727 dan t tabel = 1,296. Ternyata t hitung> t tabel. Dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang kuat antara Kualitas pelayanan dan Kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil tanggapan responden yang diperoleh dalam penelitian maka dapat diketahui bahwa Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh CV. Ria Busana Depok telah dilaksanakan dengan baik sehingga kepuasan pelanggan semakin membaik. Kualitas pelayanan tersebut hendaknya dipertahankan oleh perusahaan agar kepuasan pelanggan tetap tinggi sehingga tujuan CV. Ria Busana Depok dan keinginan para pelanggan dapat tercapai dengan baik.

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan pelanggan 

Downloads

Published

2017-04-13

How to Cite

Ahidin, U., & ., T. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. RIA BUSANA MARGONDA-DEPOK. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(1). https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p%p

Issue

Section

Articles