Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Rizky Andre Jaya di Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v12i2.y2024.p172-182Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada CV Rizky Andre Jaya. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV Rizky Andre Jaya. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada CV Rizky Andre Jaya. Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian di CV Rizky Andre Jaya, dengan sampel sebanyak 95 orang responden yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis data meliputi uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial, dan uji F simultan Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel atau (7,928 > 1,290) dan diperkuat dengan nilai ρ value < Sig. 0,05 atau (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel atau (5,495 > 1,290) dan diperkuat dengan nilai ρ value < Sig. 0,05 atau (0,000 < 0,05). Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung > F tabel atau (179,157 > 3,09), dan diperkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau (0,000 < 0,05). CV Rizky Andre Jaya dapat mengatur atau menentukan harga produk yang sesuai untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.
Adelia Febriani, & Yoga Firmansyah. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen Maxim di Jakarta). Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 170–180.
Afandi. (2018). Teori Konsep Indikator. Nusa Media.
Ahidin, U., Budiman, S., & Azizah, E. R. (2023). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Praktik Pemasaran Efektif. Bekasi: PT Dewangga Energi Internasional.
Anggita Nurafivah, & Aldila Rahma Putri. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada produk Leny Skin Care Citra Raya di Kabupaten Tangerang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22336–22344.
Assauri, S. (2017). Manajemen Operasi dan Produksi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danang, S. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep Strategi dan Kasus (Ed. 3).
Dhian Cristina Panjaitan, & Purwanti. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada PT Wangsa Mitra Fantasi (Amazone) Supermall Karawaci. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22316–22325.
Dr. Andyan Pradipta Utama, S. E. M. M. P. A. (n.d.). Manajemen pemasaran: Konsep dasar dan ruang lingkup.
Drs. Danang Sunyoto, S. H. S. E. M. M. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Fakultas Ekonomi Uniat.
Erlita Kurniawaty, & Nur Subekhan. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa layanan Go-Jek di wilayah Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Marsc Model untuk Membangun Keberhasilan Bisnis, 1(1), 171–183.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitavania Prameswari, & Leonita Agustina. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan di restoran cepat saji Pizza Hut. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1707–1719.
Gracia Florentina Pulumbar, Fitriani Latief, & Bahrul Ulum Ilham. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan minuman Jr Tea. MANUVER: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 76–92.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, H., & Sunarsi, D. (2021). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Pascal Books.
Hidayat, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika Dasar. Banyumas: CV. Pena Persada.
Indrasary, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Pers.
Joko Bagio Santoso, J. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Geprek Bensu Rawamangun).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. Pearson Boston, MA.
Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia, Jilid 2. Bogor: Mitra Media.
M. Manullang. (2018). Dasar-Dasar Manajemen, Edisi Revisi, Cetakan Tujuh. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Maalikul Mulki, & Ivantan. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cempaka Putih Utara. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22925–22933.
Patilaya, A. (2018). Sumber daya manusia dan keuangan: Pengaruh kualitas produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Manajemen, 6(2).
Rifki Abhi Rama, & Agus Sulaiman Anhary. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel Doel Motor di Depok. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia, 4(2).
Rusdi, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Saeful Mujib, & Agus Sulaiman Anhary. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Fisik Sport Bintaro Jaya Xchange Mall. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22840–22848.
Sofyan, A. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Ugeng Budi Haryoko, Fauziah Septiani, & Risnalinda. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 40–47.
Umar, H. (2017). Metode Riset Manajemen Perusahaan: Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Desertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
W, A. F. (2018). Pengantar Manajemen. Mahardika.
Yazid, A. (2016). Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi Ekonomi. Yogyakarta: FE–UII.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ACHMAD RIZKY NARITA UTOMO, Suharni Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).





