Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Istana Celluler di Semanan Kalideres

Authors

  • Halimah Sapita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Dana

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v12i2.y2024.p199-211

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Istana Celluler Di Semanan Kalideres baik secara parsial maupun simultan. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel 98 responden. Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 22,127 + 0.485X1. uji Hipotesis diperoleh nilai t-hitung > t-tabel atau (6,717 > 1,984). Dengan demikian H01 ditolak dan Ha1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara promosi (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres. Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 16,718 + 0,595X2. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (8,483 > 1,984). Dengan demikian H02 ditolak Ha2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres. Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y= 15,806 + 0,142X1 + 0,428X2. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (37,337 > 1,41). Dengan demikian H03 ditolak dan Ha3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi dan harga terhadap kepuasan konsumen pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres secara simultan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Alma, Buchori. (2010). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit

Alfabeta, pp. 25-32.

Alma, Buchari (2013) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung Alfabeta

Alma B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta

Assauri Sofian (2014) Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Jakarta: Rajawali

Firmansyah, Anang (2020). Prilaku Konsumen. Rajawali: CV Budi Utama.

Ghozali, Imam. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24 Update

PES Regresi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kotler Philip & Keller Kevin Lane, (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:

Erlangga

Khotler, P., & Amstrong, G. (2018). Dasar – Dasar Pemasaran Edisi 9 Jilid 1. Jakarta:

Erlangga

Tjiptono, Fandy, (2016). Pemasaran Jasa, Edisi Pert. Malang Bayu Media Publish

Sumarni & Murni (2007). Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal :

Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen.

Inang Sriwanti Soge Garoda Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia Jurnal

Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398 Vol. 6, No. 6, Juni 2021

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Sapita, H., & Dana. (2025). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Istana Celluler di Semanan Kalideres. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 12(2), 199–211. https://doi.org/10.32493/jk.v12i2.y2024.p199-211

Issue

Section

Articles