Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Istana Celluler di Semanan Kalideres
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v12i2.y2024.p199-211Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Istana Celluler Di Semanan Kalideres baik secara parsial maupun simultan. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel 98 responden. Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 22,127 + 0.485X1. uji Hipotesis diperoleh nilai t-hitung > t-tabel atau (6,717 > 1,984). Dengan demikian H01 ditolak dan Ha1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara promosi (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres. Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 16,718 + 0,595X2. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (8,483 > 1,984). Dengan demikian H02 ditolak Ha2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres. Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y= 15,806 + 0,142X1 + 0,428X2. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (37,337 > 1,41). Dengan demikian H03 ditolak dan Ha3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi dan harga terhadap kepuasan konsumen pada toko Istana Celluler Semanan Kalideres secara simultan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Alma, Buchori. (2010). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit
Alfabeta, pp. 25-32.
Alma, Buchari (2013) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung Alfabeta
Alma B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Assauri Sofian (2014) Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Jakarta: Rajawali
Firmansyah, Anang (2020). Prilaku Konsumen. Rajawali: CV Budi Utama.
Ghozali, Imam. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24 Update
PES Regresi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kotler Philip & Keller Kevin Lane, (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:
Erlangga
Khotler, P., & Amstrong, G. (2018). Dasar – Dasar Pemasaran Edisi 9 Jilid 1. Jakarta:
Erlangga
Tjiptono, Fandy, (2016). Pemasaran Jasa, Edisi Pert. Malang Bayu Media Publish
Sumarni & Murni (2007). Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Jurnal :
Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen.
Inang Sriwanti Soge Garoda Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia Jurnal
Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398 Vol. 6, No. 6, Juni 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 HALIMAH SAPITA, Dana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).





