EFEKTIVITAS IKLAN TV BERDASARKAN MODEL AIDA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS IKLAN TV INDOMIE PADA KONSUMEN DI INDOMARET SERUA)

Authors

  • Sunanto .

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v4i2.y2017.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keefektifan iklan TV Indomie

berdasarkan Model AIDA terhadap minat beli konsumen, serta mengetahui variabel yang

paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan minat beli konsumen. 

Populasi penelitian ini adalah pembeli yang berbelanja di Indomaret Serua yang

pernah melihat iklan Indomie di televisi. Jumlah sampel 100 responden (digenapkan),

sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner (skala

Likert), observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas,

Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji

t), dan Uji Simultan (Uji F). 

Hasil Penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh keefektifan iklan TV berdasarkan

Model AIDA terhadap minat beli konsumen baik secara parsial maupun simultan. Variabel -

variabel tersebut secara bersama-sama sangat kuat mempengaruhi minat beli

konsumen.Terbukti dari model regresi linier berganda Y = -

1,489+0,099X1+0,142X2+0,310X3+0,339X4, nilai korelasi ganda R=0,810 (korelasi positif

sangat kuat), nilai kontribusi adjusted R² 64,2% serta Nilai F hitung 45,319 (> F tabel), nilai

sig. 0,000 (<0,05). (2) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli

konsumen adalah action, hal ini dapat dilihat dari nilai R hitungnya yang paling besar

diantara nilai R hitung variabel independen lainnya. 

 

Kata Kunci: Iklan TV, Model AIDA, Minat beli konsumen 

Downloads

Published

2017-05-13

How to Cite

., S. (2017). EFEKTIVITAS IKLAN TV BERDASARKAN MODEL AIDA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS IKLAN TV INDOMIE PADA KONSUMEN DI INDOMARET SERUA). KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2). https://doi.org/10.32493/jk.v4i2.y2017.p%p

Issue

Section

Articles