EFEKTIVITAS IKLAN TV BERDASARKAN MODEL AIDA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS IKLAN TV INDOMIE PADA KONSUMEN DI INDOMARET SERUA)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v4i2.y2017.p%25pAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keefektifan iklan TV Indomie
berdasarkan Model AIDA terhadap minat beli konsumen, serta mengetahui variabel yang
paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan minat beli konsumen.
Populasi penelitian ini adalah pembeli yang berbelanja di Indomaret Serua yang
pernah melihat iklan Indomie di televisi. Jumlah sampel 100 responden (digenapkan),
sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner (skala
Likert), observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas,
Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji
t), dan Uji Simultan (Uji F).
Hasil Penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh keefektifan iklan TV berdasarkan
Model AIDA terhadap minat beli konsumen baik secara parsial maupun simultan. Variabel -
variabel tersebut secara bersama-sama sangat kuat mempengaruhi minat beli
konsumen.Terbukti dari model regresi linier berganda Y = -
1,489+0,099X1+0,142X2+0,310X3+0,339X4, nilai korelasi ganda R=0,810 (korelasi positif
sangat kuat), nilai kontribusi adjusted R² 64,2% serta Nilai F hitung 45,319 (> F tabel), nilai
sig. 0,000 (<0,05). (2) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli
konsumen adalah action, hal ini dapat dilihat dari nilai R hitungnya yang paling besar
diantara nilai R hitung variabel independen lainnya.
Kata Kunci: Iklan TV, Model AIDA, Minat beli konsumen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).