MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PRODUK TAPE KETAN DAUN JAMBU DI KECAMATAN CIBEUREUM KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produkTape Ketan Daun Jambu, untuk mengetahui kepuasan pelangganTape Ketan Daun Jambu, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas Tape ketan Daun Jambu di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Assosiatif. Untuk memperoleh data, peneliti menyebar kuesioner. Populasi penelitian pelanggan Tape Ketan Daun Jambu di Desa dan kecamatan Cibeureum. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel acak sederhana (random sampling). dengan jumlah sampel 267 responden. Teknik analisis data yang digunakan: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Sederhana, Uji Determinasi (R) dan Uji Hipotesis (Uji-t). Hasil pengujian yang diperoleh sebagai berikut:
1. Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu masih baik. Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata distribusi jawaban responden sebesar 4,05 masuk pada interval 3,40 - 4,19 atau dengan interpretasi baik.
2. Kepuasan Pelanggan nilai rata-rata distribusi jawaban responden sebesar 4,04 masuk pada interval 3,40 - 4,19 atau dengan interpretasi puas yang artinya responden mempunyai persepsi bahwa tingkat kepuasan dalam mengkonsumsi Tape Ketan Daun Jambu khas Cibeureum kategori puas.
3. Terdapat pengaruh positif kuat dan siginifikan antara kualitas produk Tape Ketan daun Jambu terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diliah dari model Regresi Linier Sederhana Y = 1,351+ 0,681 X, nilai koefisien korelasi r = 0,760, kontribusi variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 57,6%, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan signifikan karena thitung > ttabel (19,111 > 1,645). Hasil penelitian ini disarankan bahwa Variabel Kualitas Produk pada indikator Fitur (Feature) perlu ada penambahan jenis varian produk tape yaitu Tape Ketan Hitam dan Tape Ketan dengan rasa lain misalnya rasa buah-buahan. Indkator-indikator lainnya pada variabel kualitas produk harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar tingkat kepuasan pelanggan menjadi sangat puas.
Kata kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).