MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PRODUK TAPE KETAN DAUN JAMBU DI KECAMATAN CIBEUREUM KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Udin Ahidin

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produkTape Ketan Daun Jambu, untuk mengetahui kepuasan pelangganTape Ketan Daun Jambu, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas Tape ketan Daun Jambu di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Assosiatif. Untuk memperoleh data, peneliti menyebar kuesioner. Populasi penelitian pelanggan Tape Ketan Daun Jambu di Desa dan kecamatan Cibeureum. Teknik penarikan  sampel menggunakan sampel acak sederhana (random sampling). dengan jumlah sampel 267 responden. Teknik analisis data yang digunakan: Uji Validitas, Uji Reliabilitas,  Uji Regresi Sederhana,  Uji Determinasi (R) dan Uji Hipotesis (Uji-t). Hasil pengujian yang diperoleh  sebagai berikut:

1. Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu masih baik. Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata distribusi jawaban responden sebesar 4,05 masuk pada interval 3,40 - 4,19 atau dengan interpretasi baik.  

2. Kepuasan Pelanggan nilai rata-rata distribusi jawaban responden sebesar 4,04  masuk pada interval 3,40 - 4,19 atau dengan interpretasi puas yang artinya responden mempunyai persepsi bahwa tingkat kepuasan dalam mengkonsumsi Tape Ketan Daun Jambu khas Cibeureum kategori puas.

3. Terdapat pengaruh positif kuat dan siginifikan antara kualitas produk Tape Ketan daun Jambu terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diliah dari model Regresi Linier Sederhana Y = 1,351+ 0,681 X, nilai koefisien korelasi r =  0,760, kontribusi variabel  kualitas produk terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 57,6%, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan signifikan karena  thitung  >  ttabel (19,111 > 1,645). Hasil penelitian ini disarankan bahwa Variabel Kualitas Produk pada indikator Fitur (Feature) perlu ada penambahan jenis varian produk tape yaitu Tape Ketan Hitam dan Tape Ketan dengan rasa lain misalnya rasa buah-buahan. Indkator-indikator lainnya pada variabel kualitas produk harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar tingkat kepuasan pelanggan menjadi sangat puas.

 

Kata kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan pelanggan

Downloads

Published

2017-10-03

How to Cite

Ahidin, U. (2017). MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PRODUK TAPE KETAN DAUN JAMBU DI KECAMATAN CIBEUREUM KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1). https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%p

Issue

Section

Articles