ANALISA PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Wahyu Nurul Faroh

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v4i2.y2017.p%25p

Abstract

Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan harga erhadap keputusan pembelian, apakah terdapat pengaruh signifikan promosi terhadap eputusan pembelian, apakah terdapat pengaruh signifikan pelayanan terhadap keputusan embelian dan apakah terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama variabel bebas erhadap variabel terikat. bjek penelitian ini adalah pelanggan yang terdaftar sebagai anggota group di akun acebook. Tehnik pengambilan sampel yaitu  menggunakan metode sensus, dimana seluruhan populasi dijadikan sampel yakni berjumlah 109 responden. Adapun metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif regresi sederhana dan berganda dengan menggunakan software SPSS 17.0. Hasilanalisis regresi sederhana menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 19%, sedangkan variabel promosi memiliki nilai pengaruh sebesar 50,4% dan variabel pelayanan memiliki nilai pengaruh sebesar 69,4%. 2 Sedangkan Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai koefisien determinasi(R) sebesar70,6%. Dapat disimpulkanterdapat pengaruhvariabelX1(harga), X2 (promosi)d an X3 (pelayanan)terhadap variabel Y(keputusan pembelian) dimanapengaruhnya adalahpositif.Selanjutnya berdasarkan hasil uji simultan diperoleh nilai F-hitung sebesar 84,101 yang kemudian dibandingkan dengan F-tabel sebesar 2,69 hasil perhitungan dk = k dengan nilai signifikan 5%. Hasilnya menunjukan F-hitung lebih besar dari F-tabel (84,101 >2,69), yang artinya variabel independen dalam penelitian ini secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh harga, promosi dan pelayanan terhadap keputusan pembelianditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

 

Kata Kunci : Harga, Promosi, Pelayanan, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2017-04-02

How to Cite

Faroh, W. N. (2017). ANALISA PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2). https://doi.org/10.32493/jk.v4i2.y2017.p%p

Issue

Section

Articles