ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN E- LEARNING DI STMIK ERESHA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v8i1.y2020.p1-17Keywords:
Efektivitas, E-learningAbstract
Seiring perkembangan teknologi informasi, STMIK Eresha telah menerapkan e-learning sebagai metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dan sesuai kemajuan di era milenial. Akan tetapi penerapan efektifitas e-learning selama ini belum dikaji.
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektifitas penerapan e-learning di STMIK Eresha dalam tiga tahun terakhir. Parameter keefektifitasan e-learning yang dianalisis diambil dari variabel kemudahan dan manfaatnya. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling melalui kuesioner dan wawancara. Penetapan jumlah responden menggunakan metode Slovin. Tahapan setelah data diperoleh diimplementasikan ke dalam perhitungan menggunakan statistik dengan responden mahasiswa, dosen dan admin.
Kebutuhan dari penelitian efektifitas penerapan e-learning yang utama adalah untuk membantu peningkatan mutu belajar melalui media e-learning terhadap mahasiswa dan dosen. Permasalahan Pembelajaran konvensional terkendala oleh terbatasnya waktu, biaya dan tempat. Dalam penelitian ini akan membutuhkan data-data penelitian sebagai penentu keberhasilan penerapan e-learning.
Kata Kunci: Efektivitas; E-learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).