ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN E- LEARNING DI STMIK ERESHA

Authors

  • Ratna Sari, Enjah Pipit Fitriyadi

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v8i1.y2020.p1-17

Keywords:

Efektivitas, E-learning

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi, STMIK Eresha telah menerapkan e-learning sebagai metode pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dan sesuai kemajuan di era milenial. Akan tetapi penerapan efektifitas e-learning selama ini belum dikaji.

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektifitas penerapan e-learning di STMIK Eresha dalam tiga tahun terakhir. Parameter keefektifitasan e-learning yang dianalisis diambil dari variabel kemudahan dan manfaatnya. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling melalui kuesioner dan wawancara. Penetapan jumlah responden menggunakan metode Slovin. Tahapan setelah data diperoleh diimplementasikan ke dalam perhitungan menggunakan statistik dengan responden mahasiswa, dosen dan admin.

Kebutuhan dari penelitian efektifitas penerapan e-learning yang utama adalah untuk membantu peningkatan mutu belajar melalui media e-learning terhadap mahasiswa dan dosen. Permasalahan Pembelajaran konvensional terkendala oleh terbatasnya waktu, biaya dan tempat. Dalam penelitian ini akan membutuhkan data-data penelitian sebagai penentu keberhasilan penerapan e-learning.

Kata Kunci: Efektivitas; E-learning

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Enjah Pipit Fitriyadi, R. S. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN E- LEARNING DI STMIK ERESHA. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.32493/jk.v8i1.y2020.p1-17

Issue

Section

Articles