KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Nurmin, Arianto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v8i1.y2020.p124-137

Keywords:

Kepemimpinan, Komunikasi, Kepuasan, Kinerja

Abstract

Sekolah menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar bagi semua orang  maka dari itu seorang guru dituntut untuk dapat memberikan pengajaran terhadap peserta didik dan hal ini dipengaruhi oleh kepemimpinan dan komunikasi serta kepuasan kerja Guru yang berakibat terhadap kinerja guru tersebut, maka dari itu tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh baik secara parsial atau simultan variabel independen dan dependen serta mengetahui bagaimana  pengaruh variabel mediator.

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 Guru yang mengajar disekolah tersebut dan teknik sample yang digunakan adalah sampel jenuh, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan menggunkan analisis jalur.

Dari hasil penelitian yang dilakukan sebagain besar guru yang ada disekolah adalah laki-laki dengan usia 36-45th dan lulusan S1. Dari tanggapan responden bahwa kepemimpinan, komunikasi dan kepuasan kerja serta kinerja yang ada disekolah sudah baik walaupun masih terdapat beberapa keluhan guru, namun dari hasil analisis  bahwa kepemimpinan, komunikasi dan kepuasan kerjan memiliki pengaruh terhadap kinerja serta kepemimpinan dan komunikasi memiliki pengaruh terhadap kepuaan kerja, sehingga  kepuasan kerja  dapat menjadi mediator dalam mempengaruhi kepemimpinanan terhadap kinerja dan kepuasan kerja dapat  menjadi mediator dalam mempengaruhi komunikasi terhadap kinerja.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Kepuasan, Kinerja

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Arianto, N. (2020). KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(1), 124–137. https://doi.org/10.32493/jk.v8i1.y2020.p124-137

Issue

Section

Articles