ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN STORE ATMOSFER TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA. (STUDI KASUS PADA GIANT SUPERMARKET PONDOK CABE)

Authors

  • Ali - Maddinsyah

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p6-32

Keywords:

Harga, Promosi, Store Atmosfer, Keputusan Konsumen untuk Berbelanja.

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan store

atmosfer, secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen untuk

berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe. Penelitian ini menggunakan metode

explanatory research, dan pengujian Hipotesis. Dengan teknik survei, menyebar kuesioner

dengan skala Likert. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling/convenience

sampling digunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden.

Teknik analisis data yang digunakan Analisis deskriptif dan Analisis statistik inferesial

yaitu : (1). Uji Validitas dan Reliabilitas, (2). Analisi Regresi Berganda, (3). Koefisien

2

Determinasi (R),  (4). Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F). 


Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut :

1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan konsumen

untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi positif 0,279

dan kontribusi sebesar 7,8% . Dan nilai thitung sebesar 2,873 dengan  signifikansi t sebesar

0,005. 

2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan konsumen

untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi positif 0,725

dan kontribusi sebesar 52,5% . Dan nilai thitung sebesar 10,417 dengan  signifikansi t

sebesar 0,000..

3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosfer terhadap keputusan

konsumen untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi

positif 0,638 dan kontribusi sebesar 40,7% . Dan nilai thitung sebesar 8,207 dengan  

signifikansi t sebesar 0,000..

4. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga, promosi dan store atmosfer  secara

bersama-sama terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja pada Giant Supermarket

Pondok Cabe, mempunyai kontribusi sebesar 62,2%  dan sisanya 37,8% dipengaruhi

faktor lain yang tidak diteliti. Dan nilai Fhitung sebesar 52,653 dengan  signifikan F sebesar

0,000. 

 

Kata Kunci : Harga, Promosi, Store Atmosfer, Keputusan Konsumen untuk Berbelanja.

 

  

Downloads

Published

2017-09-29

How to Cite

Maddinsyah, A. .-. (2017). ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN STORE ATMOSFER TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA. (STUDI KASUS PADA GIANT SUPERMARKET PONDOK CABE). KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(1), 6–32. https://doi.org/10.32493/jk.v2i1.y2014.p6-32

Issue

Section

Articles